Kernel

Masih Cukup Normal, Linux 4.19-RC3 Hadir Pekan Ini

Pekan baru adalah pekannya kandidat rilis anyar kernel Linux. Bagi pengguna awam, kehadirannya mungkin tidak ditunggu-tunggu tetapi bagi pengguna “kutu buku” atau pengembang distribusi, kehadirannya merupakan sesuatu yang “wah …​ mendebarkan”.

Kali ini atau tepatnya Minggu 9 September waktu setempat atau Senin 10 September waktu Indonesia pengembang kernel Linux menerbitkan kandidat rilis ketiga menuju Linux 4.19. Ini termasuk kandidat rilis (RC) muda sehingga tak banyak hal baru yang dibenamkan padanya.

Kabar Linux

“Semua terlihat cukup normal. Diffstat menampilkan sebagian pola yang tidak biasa, tetapi itu karena pembaruan nds32 yang terlambat dan nilfs2 yang memperoleh pesan konversi hak cipta ke SPDX, dan (mereka) muncul begitu saja pada diffstat seperti jempol yang sakit,” tutur Torvalds mengabarkan kernel Linux.

“Tapi selain perubahan ganjil seperti itu, tidak ada (pembaruan) yang menonjol. Perbaikan driver, jaringan, dan arsitektur, dengan perubahan random yang menyebar (seperti perbaikan btrfs).”

Untuk mencoba kernel Linux ini, silakan kompilasi secara manual dengan mengunduhnya terlebih dahulu dari kernel.org. Pengguna Ubuntu dapat mencicipi kernel mainline ini dengan mengunduh berkas DEB-nya melalui proyek Ubuntu Kernel Mainline.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Masih Cukup Normal, Linux 4.19-RC3 Hadir Pekan Ini

  1. se7entime says:

    ga berani coba, ngikut apa kata titah para pengembang distro saja saya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top