Distro

Manajer Rilis Yakin, LXQt Akan Gantikan LXDE Sebagai Desktop Utama Lubuntu 18.10

Dari sekian banyak varian (flavors) Ubuntu, terdapat satu yang saat ini sedang sibuk mengganti desktop environment ke desktop generasi baru. Ini bukanlah milestone sederhana karena penggantian desktop tidak hanya antar versi minor ataupun versi mayor, tetapi juga antar basis sistem satu ke basis sistem lain.

Lubuntu-lah, varian Ubuntu yang saya maksud.

Selama ini, Lubuntu menggunakan desktop environment LXDE, di masa mendatang ia akan beralih ke desktop LXQt. LXQt merupakan desktop ringan penerus LXDE yang mengganti toolkit GUI dari GTK+ ke Qt. Proyek Lubuntu sempat ingin menerbitkan Lubuntu dengan LXQt pada 15.10 dan 17.10, tetapi karena beberapa masalah mereka menundanya terlebih dahulu. Meskipun begitu, pengguna tetap dapat mencoba dan bereksperimen dengan Lubuntu-Next jika ingin mencoba generasi baru Lubuntu.

Lubuntu-Next

Setelah menerbitkan Lubuntu 18.04, manajer rilis proyek, Simon Quigley secara meyakinkan menyatakan bahwa mereka akan mulai membenamkan LXQt sebagai desktop utama pada Lubuntu 18.10. Pernyataan ini ia sampaikan melalui podcast Ask Noah Show.

Dengan hadirnya LXQt sebagai desktop utama Lubuntu 18.10, secara otomatis tidak akan ada lagi Lubuntu-Next. Lubuntu 18.04 LTS dan versi di bawahnya akan disebut sebagai Lubuntu Classic. Yang pasti, akan ada kabar susulan mengenai hal ini, tunggu saja nanti.

Lubuntu 18.10 akan hadir pada bulan Oktober 2018. Sebelum itu, kamu dapat mencicipi Lubuntu dengan desktop LXQt melalui citra ISO Lubuntu-Next di repositori ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top