Distro Mageia

Mageia 6.1 Luncurkan Pembaruan Firefox, Kernel Linux, dan Desktop Environment

Mageia 6.1 hadir sebagai pembaruan minor untuk para pengguna yang tak sabar dengan segala kebaruan yang ada. Mageia 6 merupakan distribusi GNU/Linux berbasiskan RPM dengan DNF sebagai manajer paketnya. Apabila Anda tidak begitu cocok dengan Fedora dan openSUSE, Mageia mungkin dapat dilirik sebagai pilihan memungkinkan.

Mageia

Mageia 6.0 hadir pada bulan Juli 2017. Satu tahun lebih setelah itu, pengembang membenamkan beragam paket baru untuk mendukung produktivitas para pengguna. Paket-paket ini dapat diperoleh pengguna dengan menjalankan perintah update melalui DNF. Mageia 6.1 hanyalah berupa pembaruan citra ISO atau media instalasi yang dapat digunakan oleh calon pengguna untuk memasang Mageia tanpa perlu membawa konsekuensi mengunduh banyak pembaruan.

Rilis pembaruan pertama untuk seri 6 tersebut menghadirkan kernel Linux 4.14.70, peramban Firefox 60.2, Chromium 68, pengolah dokumen LibreOffice 5.3.7.2, serta pemutar media VLC 3.0.2. Tidak ketinggalan, desktop environment GNOME ditingkatkan ke versi 3.24.3 dan KDE Plasma ke versi 5.12.2.

“Jika Anda saat ini menjalankan sistem Mageia 6 dengan pembaruan terkini, Anda tidak perlu memasang ulang Mageia 6.1 karena Anda sudah menjalankan paket-paket teranyar yang sama,” lapor pengembang. “Rilis ini tersedia hanya dalam bentu Live Media, seperti Live Plasma, Live GNOME, dan Live Xfce 64bit, serta Live Xfce 32bit.”

Untuk mendapatkan citra ISO Mageia 6.1, silakan kunjungi laman resminya di www.mageia.org/en/downloads/.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top