Distro

Lubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish Mulai Gunakan LXQt Sebagai Desktop Bawaan

Kemarin Kabar Linux sempat menyinggung bahwa pengembang Lubuntu akan mulai beralih ke desktop environment LXQt pada siklus rilis 18.10 Cosmic Cuttlefish. Pernyataan ini disampaikan oleh sang manajer rilis Simon Quigley sekitar awal bulan ini.

Pernyataan ini kemudian dikuatkan oleh Walter Labchynski melalui forum komunitas Ubuntu dengan menyebutkan (Lubuntu) resmi berpindah ke LXQt. Dukungan LXQt sebenarnya telah digarap tim Lubuntu berbulan-bulan lalu. Dukungan ini tersedia pada citra Lubuntu-Next. Resmi masuknya LXQt sebagai desktop bawaan distribusi ini menandakan bahwa Lubuntu-Next siap dihapuskan, Lubuntu menjadi distro ber-LXQt, dan mungkin tersedia Lubuntu-old yang mewakili rilis-rilis lawas (18.04 LTS ke bawah) dengan desktop LXDE.

Lubuntu
Gambar 1. Lubuntu dengan LXQt, tangkapan layar setahun lalu

Walter menyampaikan, calon rilis Lubuntu 18.10 sudah memiliki citra yang dapat diinstal dengan perkakas penginstal Calamares. Ada fakta menarik mengapa pengembang lebih memilih Calamares daripada Ubiquity. Menurutnya, Ubiquity generasi baru berbasis Electron tidaklah menarik dan Ubiquity sendiri sangat sulit untuk di-debug.

Masih banyak tugas yang perlu dikerjakan oleh pengambang untuk menyempurnakan 18.10, di antaranya meningkatkan dukungan penginstal Calamares dengan fitur enkripsi diska dan fitur untuk memilih aplikasi bawaan (VLC alih-alih SMplayer, Firefox alih-alih Falkon).

Bagi yang penasaran ingin mencoba calon rilis Lubuntu 18.10, citra ISO harian (daily live) Lubuntu dapat diunduh melalui tautan ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

4 comments on “Lubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish Mulai Gunakan LXQt Sebagai Desktop Bawaan

  1. uciha says:

    lxqt gak cantik2 amat yaaa

    1. Kalau dibandingkan dengan LXDE, tentu imbang 😉

  2. uciha says:

    bulan berapa kira2 akan rilis lubuntu lxqt nya bang ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top