Distro

Lubuntu 18.10 Beta Pencapaian Pertama dengan LXQt Sebagai Desktop Bawaan

Pengembangan Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish hampir mendekati final dan kini prarilis Beta baru saja diperkenalkan oleh Canonical. Ubuntu 18.10 merupakan calon rilis yang digadang-gadang membawa cukup banyak fitur baru, termasuk tema dan baru, kernel 4.18, instalasi yang lebih cepat dengan memanfaatkan zstd (Zstandard), GNOME 3.30, dll.

Di samping versi utama, Ubuntu, beberapa variannya (flavors) juga menerbitkan prarilis Beta yang masing-masing membawa pembaruan komponen lain selain komponen utama berbasis Ubuntu. Dari sekian varian, Lubuntu 18.10 Beta adalah varian yang menarik karena mereka akan membenamkan sesuatu yang benar-benar baru dibanding rilis sebelumnya.

Lubunt

Lubuntu 18.10 Beta yang hadir 28 September lalu resmi membenamkan desktop environment LXQt 0.13.0 menggantikan LXDE sebagai desktop bawaan. LXQt adalah generasi baru LXDE yang dibangun dengan basis Qt alih-alih GTK+ dan dikembangkan oleh tim LXDE bersama Razor-qt. Sungguh menarik, Lubuntu 18.10 Beta adalah pencapaian pertama yang menghadirkan LXQt, total mengganti LXDE.

“Ini adalah milestone Lubuntu pertama yang akan dirilis dengan LXQt sebagai desktop environment utama.”

Mereka juga menegaskan bahwa Lubuntu tidak akan lagi mendukung LXDE. “Proyek Lubuntu, pada 18.10 dan rilis berikutnya, tidak akan mendukung desktop environment LXDE dan perkakasnya, dan hanya akan fokus pada desktop environment LXQt.”

Prarilis Cosmic Cuttlefish ini juga akan membenamkan Qt 5.11.1, KDE Falkon 3.0.1, LibreOffice 6.1.1, VLC 3.0.4, Featherpad 0.9.0, dan Discover Software Center 5.13.5 sebagai manajer berkas berbasis grafik.

Pengguna yang merasa penasaran dengan Lubuntu 18.10 dapat mengunduh citra prarilisnya melalui lubuntu.me. Sila unduh dan nikmati! Sebagai catatan, ISO itu hanya cocok sebagai barang eksperimen, tidak cocok untuk mesin produksi.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top