Distro Linux Mint

Linux Mint 19 “Tara” Masuk Fase Jaminan Kualitas (QA), Prarilis BETA Terbit Bulan ini

Linux Mint 19 “Tara” adalah calon rilis yang saat ini tengah dimatangkan oleh pengembang.

Bagi para penggemar yang sangat penasaran dengan proses pengembangan distribusi GNU/Linux ramah pemula ini, Linux Mint 19 “Tara” telah berada pada fase Jaminan Kualitas atau Quality Assurance (QA). Jaminan Kualitas (QA) adalah fase yang memastikan produk berjalan semestinya, semua perbaikan dan pembaruan yang dibenamkan pada Linux Mint 19 berjalan sesuai yang ingin disajikan pengembang kepada pengguna.

Linux Mint

Di siklus pengembangan ini, mereka akan menyediakan tiga edisi Linux Mint 19; edisi Cinnamon, MATE, dan Xfce. Ke mana edisi KDE? Tak perlu kaget, mulai tahun kemarin, Linux Mint memang hanya ingin fokus pada tiga edisi tersebut dan menyingkirkan edisi KDE.

Linux Mint 19 direncanakan meluncur bulan Mei atau Juni 2018. Namun karena Mei sudah lewat, tentu ia akan hadir di bulan Juni. Dilihat dari pernyataan pengembang via blog.linuxmint.com, tanggal 4 Juni besok Linux Mint 19 BETA akan dirilis.

“Terima kasih banyak kepada Anda, atas kesabaran pada rilis berikutnya dan atas bantuan dan donasi Anda di proyek ini. Semua 3 edisi Linux Mint 19 (Cinnamon, MATE, Xfce) saat ini berada di (fase) QA. Beragam bug yang telah ditemukan, telah diperbaiki dan kami harap ia akan lolos QA besok,” tulisnya. “Kami harap Anda akan menikmati pengujian BETA dan kami menunggu umpan baliknya.”

Linux Mint 19 yang bakal penuh pembaruan

Linux Mint 19 “Tara” akan menyediakan banyak pembaruan, di antaranya peralihan lebih banyak kode Python ke Python3, dukungan HiDPI secara otomatis pada MATE, mesin tema GTK 3.22 yang lebih segar, dan peralihan ke tema maupun set ikon Mint-Y. Rilis ini juga akan menghapus perkakas gksu dan akan menggantinya dengan pkexec.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Linux Mint 19 “Tara” Masuk Fase Jaminan Kualitas (QA), Prarilis BETA Terbit Bulan ini

  1. iamstrong says:

    Tidak sabar menunggu dirilis resmi ke publik
    Saya sendiri pengguna Linux Mint sejak 5 tahun terakhir dengan desktop LXDE (non official)
    Alhamdulilah semua berjalan normal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top