Distro Linux Mint

Linux Mint 19 Tara Akan Pertahankan Fitur Enkripsi Home, Hapus Paket Pengoleksi Data dari Ubuntu

Clement Lefebvre dan kawan-kawan pengembang Linux Mint masih disibukkan dengan beragam pembaruan yang akan dibenamkan pada calon rilis Linux Mint 19 “Tara”. Tara sendiri bakal menjadi rilis Linux Mint pertama yang dibangun dengan basis Ubuntu 18.04 LTS yang baru saja diumumkan oleh Canonical beberapa hari lalu.

Sekarang mereka masih dalam proses menguji implementasi, meninjau, dan memasukkan ulang paket berbasis Debian 9 Stretch dan Ubuntu 18.04 LTS. Beberapa masalah dukungan paket pada versi sebelumnya juga tengah diperbaiki.

Selama ini Linux Mint menyediakan dua varian; Linux Mint biasa dan LMDE (Linux Mint Debian Edition). Di rilis Tara dan LMDE 3 mendatang, pengembang sedang mengusahakan untuk meminimalisasi perbedaan antara keduanya dengan cara menyederhanakan perbedaan paket.

Pengembang juga disibukkan dengan penerapan Cinnamon 3.8 yang belum lama ini ditandai (tagged) pada repositori git. Pengembang mengungkapkan, rilis resmi Cinnamon 3.8 ditunda karena isu pada libnemoextension, pustaka yang dipakai oleh xreader dan beberapa ekstensi manajer berkas Nemo. Dukungan HiDPI juga menjadi calon pembaruan keren yang ada di sini begitu juga dukungan GTK 3.22.

Linux Mint

“Kami meningkatkan (dukungan) ikon, tema, dukungan ikon simbolik dan varian tema gelap. Mengingat kami beralih ke Mint-Y sebagai tema utama, kami juga mulai menyiapkan varian warna baru untuknya,” terangnya.

Pembaruan yang masih digarap termasuk set Mint tools; Software Manager, Update Manager, dan Welcome Screen, serta dokumentasi instalasi maupun panduan troubleshooting.

Kapan rilis Linux Mint 19 Tara dan LMDE 3?

Rilis Linux Mint 19 diperkirakan hadir akhir Mei atau awal Juni 2018 yang disusul dengan LMDE 3. Pra-rilis Beta akan diperkenalkan beberapa hari lagi. Bagi para penikmat Linux Mint, pengembang akan menyediakan Linux Mint 19.x dalam tiga edisi; Cinnamon, MATE, dan Xfce, dibandingkan dengan LMDE 3 yang hanya menyediakan satu edisi Cinnamon.

Ubuntu 18.04 LTS membenamkan fitur pengoleksi data. Meskipun Linux Mint dibangun dengan basis Ubuntu, mereka tidak akan membenamkan fitur seperti itu. Paket ini (ubuntu-report) tidak akan dimasukkan ke dalam Linux Mint, jelasnya, takkan ada data yang dikoleksi atau dikirim (kepada mereka). Linux Mint juga berminat tetap mempertahankan fitur enkripsi direktori home di saat Ubuntu telah menghapusnya dari rilis 18.04. Fitur enkripsi home tidak akan dibenamkan pada varian LMDE.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top