Distro Linux Mint

Linux Mint 19 Tara Akan Hadir Juni, Xreader dan Pengatur Volume Suara Peroleh Pembaruan

Linux Mint merupakan distribusi GNU/Linux untuk pengguna pemula yang sangat ramah, mirip seperti sang induk, Ubuntu. Namun, dibandingkan dengan Ubuntu, selama beberapa bulan terakhir Linux Mint terlihat “lebih populer”, setidaknya menurut situs Distrowatch.

Linux Mint

Saat ini, pengembang tengah sibuk membangun calon rilis Linux Mint 19 Tara. Demi mengejar rilis baru tersebut, pengembang memperbarui Xreader—​perkakas penampil dokumen PDF. Pengembang baru saja membenamkan jendela preferensi dan kemampuan untuk menambahkan history pada toolbar. Hal menarik lainnya, pengguna kini dapat mengganti ukuran thumbnail dokumen yang akan diingat oleh Xreader setiap pengguna membuka dokumen yang sama.

Xreader juga sekarang memperkenankan pengguna menghapus notasi, menyimpan dokumen ePub, meningkatkan kinerja smooth-scrolling, dan menampilkan dokumen apa saja yang sering dibuka. Fitur terakhir dapat diaktifkan melalui pengaturan privasi desktop.

Pembaruan desktop Cinnamon dan peralihan ke Meson

Linux Mint 19 Tara kemungkinan besar akan membenamkan pembaruan pada desktop environment Cinnamon. Salah satu fitur baru adalah kemampuan untuk mengatur volume maksimum suara (sampai lebih dari 100 persen) melalui aplet sound maupun pengaturan suara.

“Fitur ini berguna untuk laptop yang speaker-nya tidak terlalu kencang…​ mengatur volume maksimal lebih dari 100% akan menambah sedikit lebih amplifikasi,” terang pengembang via linuxmint.com.

Dalam jangka panjang, Linux Mint akan mengalihkan semua proyek yang mereka garap ke sistem build Meson. Sebagai awal pengembangan, Xapps, Nemo, desktop Cinnamon, dan xplayer-plparser sudah dialihkan ke Meson.

Kapan waktu rilis Linux Mint 19 Tara? Menurut rencana, ia akan hadir bulan Juni 2018 nanti.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Linux Mint 19 Tara Akan Hadir Juni, Xreader dan Pengatur Volume Suara Peroleh Pembaruan

  1. anan234 says:

    gak sabar untuk update-an mint 19 hehe (y)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top