Distro Linux Mint

Linux Mint 19 “Tara” Akan Hadir Akhir Pekan ini, LMDE 3 Siap Meluncur Akhir Juli

Pengembangan Linux Mint 19 “Tara” terus berlanjut. Beberapa pekan terakhir, Clement Lefebvre dan pengembang lainnya sibuk mengerjakan rilis tersebut yang digadang-gadang akan diumumkan sebagai rilis final bulan ini, tepatnya akhir pekan besok.

Linux Mint 19 “Tara” adalah calon rilis termutakhir yang dipastikan dibangun dengan basis Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver. Kata pimpinan proyek, Clement Lefebvre, mereka menjanjikan adanya upgrade path ke Linux Mint 19. Apa artinya? Akan ada fitur pemutakhir untuk meng-upgrade Linux Mint 18.3 ke 19.

Linux Mint

Sebelum memutakhirkan ke Tara nanti, pengembang menyarankan pengguna untuk menyimpan snapshot sistem menggunakan Timeshift. “Atur sistem snapshot dengan Timeshift, sehingga Anda dapat kembali ke waktu tertentu dan membatalkan upgrade jika terjadi suatu masalah,” terangnya. Sebelum memutakhirkan ke Linux Mint 19, pastikan mutakhirkan dahulu secara runtut dari versi Linux Mint yang Anda pakai. Contohnya, jika Anda menggunakan Linux Mint 18, Anda harus memutakhirkan secara runtut ke 18.1 lebih dahulu, lalu 18.2, 18.3, dan kemudian 19 Tara.

Selain Linux Mint 19, milestone yang sedang digarap oleh pengembang adalah LMDE (Linux Mint Debian Edition) 3 “Cindy”. Pengembang baru saja memperbarui Cinnamon dan komponen-komponen terkininya ke calon rilis tersebut.

“LMDE adalah proyek yang menarik, karena ia memiliki audiens kecil tatapi menjadi salah satu yang paling bergairah. Ia juga merupakan proyek paling penting bagi kami karena ia menantang kami untuk mendesain perangkat lunak dengan lebih dari satu target pengembangan dan karena ia memperlihatkan kami sejauh mana kami mengerjakan sesuatu tanpa komponen upstream, Ubuntu,” ucap pengembang.

Linux Mint 19 “Tara” ditargetkan meluncur akhir pekan ini sedangkan LMDE 3 dijadwalkan meluncur akhir bulan Juli.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top