Kernel

Linux 4.17 Final Meluncur, Linux 5.0 Mungkin Akan Hadir di Siklus Pengembangan 4.20

Sesuai prediksi dan janji, Linus Torvalds meluncurkan rilis final Linux 4.17. Linux 4.17 merupakan rilis yang dibangun selama tujuh pekan ditambah dua pekan merge window. Beruntung, siklus pengembangan ini relatif normal hanya mungkin sedikit terganggu dengan Spectre V4.

Dalam rilis ini, Torvalds menegaskan bahwa ia memang tidak tertarik menyebutnya dengan nomor rilis 5.0 meskipun jumlah obyek git sudah naik mengikuti pola. Tentu, pembaca masih ingat, terdapat sebuah pola pada jumlah obyek git dan jika dihitung, apabila obyek git sudah menyentuh angka 6 juta (sudah terpenuhi di Linux 4.7), kernel akan ditingkatkan ke Linux 5.0. Namun, kemudian Torvalds membantah semua pola itu.

Kabar Linux

“Tidak, saya tidak menyebutnya dengan 5.0, meskipun semua obyek git sesuai numerologi tepat perhitungannya. Ia (rilis 5.0) akan terjadi tidak terlalu jauh dari masa depan, dan saya katakan semua skrip rilis pada kernel.org sudah siap untuk itu, tetapi saya merasa belum ada alasan nyata untuk melakukannya (merilis 5.0),” terang Torvalds. Alih-alih meningkatkan nomor rilis ke 5.0 pada siklus pengembangan ini, ia lebih memilih menaikkannya pada rilis 4.20 nanti.

Yang baru di Linux 4.17

Jika dibandingkan dengan Linux 4.16, Linux 4.17 ternyata berukuran lebih kecil. Hal ini dikarenakan penghapusan banyak baris kode terutama pada dukungan arsitektur-arsitektur lawas; arsitektur cris, blackfin, m32r, frv, metag, tile, mn10300, dan score.

Di samping penghapusan arsitektur lawas, kernel Linux 4.17 juga membenamkan dukungan Intel HDCP (High-bandwidth Digital Content Protection), dukungan Canonlake pada driver Intel DRM, mengaktifkan AMDGPU DC secara bawaan pada semua kartu grafis yang didukung, meningkatkan VGA Switcheroo, menambahkan dukungan awal Nvidia Tegra “Xavier” SoC, memperbarui F2FS, dan meningkatkan EXT4.

Tak berhenti di situ, kernel Linux 4.17 juga menambahkan dukungan multi-touch pada laptop Razer Blade Stealth, meningkatkan driver untuk laptop Lenovo, Dell, dan Fujitsu, serta membenamkan dukungan USB Audio Class 3.0, meningkatkan dukungan PS/2, USB Type-C, meningkatkan penanganan keamanan Thunderbold SL4/USB, dll.

Saat ini, kernel Linux 4.17 masih berada di bawah kanal mainline (kanal yang dipegang langsung oleh Linus Torvalds). Umumnya, ia masih “belum cocok” dibenamkan pada distribusi GNU/Linux, meskipun pada kenyataanya distribusi rilis bergulir (rolling release) akan melakukannya. Linux 4.17.1 akan hadir pekan depan dan berada di bawah kanal stable (kanal yang dipegang oleh Greg KH). Ini adalah rilis kernel yang sudah mapan dan lebih siap dinikmati oleh pengguna.

Bagi kamu yang ingin mengunduh kernel 4.17, silakan dapatkan tarball-nya melalui www.kernel.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top