Arch Distro

Linux 4.16.12 Jadi Kernel Bawaan ISO Anyar Arch Linux 2018.06.01

Secara rutin, tim pengembang Arch Linux meluncurkan citra ISO anyar setiap awal bulan. Arch Linux merupakan distribusi yang populer dengan model rilis bergulirnya (rolling release) dan prinsip KISS atau “Keep It Simple Stupid“-nya. Namun, selain karena rilis bergulir, kepopuleran Arch Linux juga dikarenakan konsep rilis bleeding edge yang mereka pegang.

Arch Linux

Karena model rilis bergulir dan konsep bleeding edge-nya, dalam seminggu, pembaruan pada Arch Linux sangat banyak, apalagi dalam sebulan. Bagi pengguna yang ingin memasang distribusi tersebut pada komputer baru atau komputer lain dengan ISO lawas, diharuskan mengunduh pembaruan yang sangat banyak. Sangat boros bandwidth, tidak cocok untuk pengguna dengan koneksi internet terbatas, pembaruan yang sangat banyak berpotensi membawa masalah.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengembang menerbitkan ISO anyar di setiap awal bulan. Di Juni ini, mereka meluncurkan citra ISO Arch Linux 2018.06.01. Citra ini membenamkan banyak pembaruan yang hadir selama sebulan sebelumnya, termasuk kernel Linux 4.16.12.

“Citra ini dapat dibakar ke CD, dikaitkan (mount) sebagai berkas ISO, atau langsung ditulis ke stik USB menggunakan utilitas seperti dd,” tulis pengembang Arch Linux pada laman unduh.

Untuk mengunduh citra berukuran 571MB ini, pengguna di Indonesia dapat mengunjungi repositori poliwangi.ac.id dan suro.ubaya.ac.id. ISO ini hanya dipakai untuk yang ingin memasang Arch Linux di komputer lain, bagi pengguna aktif mereka hanya perlu menjalankan perintah pacman -Syu untuk memperoleh segala pembaruan yang ada di ISO tersebut.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top