Free Software Open Source Software

Linus Torvalds Tak Sabar Gunakan Wireguard di Kernel

Bosan adalah ketika membaca di media betapa galaknya Linus Torvalds dan kejamnya kata-kata yang dia lontarkan kepada pengembang kernel atau pihak ketiga yang secara tidak langsung berhubungan dengan proyek miliknya. “Korban” Pak Torvalds termasuk salah satu pengembang systemd serta perusahaan Intel dan Nvidia.

Adakah kalimat menyenangkan yang disampaikan oleh Linus Torvalds? Ooo, ada pastinya. Baru-baru ini, sang pimpinan pengembang kernel sangat menyambut Wireguard. Dia sangat menyukai perkakas tersebut masuk ke source tree kernel.

“Dapatkah saya sekali lagi menegaskan rasa kecintaan pada perkakas tersebut (Wireguard) dan berharap ia dapat bergabung (ke source tree kernel) secepatnya?,” katanya.

Lalu apa itu Wireguard?

Kabar Linux pernah mengabarkan hal ini sebelumnya, Wireguard merupakan implementasi jaringan tunnel yang ditujukan menggantikan OpenVPN. Seperti yang diketahui, OpenVPN sangatlah populer. Sayangnya perkakas ini memiliki performa dan kode yang buruk. Torvalds mengakui hal tersebut. “Mungkin kode (Wireguard) belum sempurna, tetapi saya sudah melihatnya, dan membandingkan dengan kehororan OpenVPN dan IPSec,” jelasnya.

Wireguard

Dibandingkan dengan OpenVPN, Wireguard hanya memiliki sekitar 4 ribu barus kode, ia berjalan di ranah kernel, memiliki fitur bawaan proteksi DDOS, konsumsi CPU yang sangat kecil sehingga cocok diterapkan pada perangkat dengan spesifikasi terbatas, berukuran kecil, mudah diskalakan, FLOSS murni menggunakan GPLv2 (OpenVPN memiliki perlisensian yang kontroversial), dll.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top