Kernel

Linus Torvalds Rilis Linux 4.19-RC1 dan RC2

Dua minggu merge window berlalu untuk Linux 4.19 pada pekan terakhir Agustus, pengembang kernel telah menerbitkan dua kandidat rilis (RC) yang membenamkan tak hanya satu dua pembaruan. Setelah rilis stabil, dalam kasus ini Linux 4.18, rilis kernel akan “libur” selama dua pekan sebagai masa merge window. Segala pembaruan yang akan dibenamkan pada rilis berikutnya diselipkan pada fase ini.

“Jadi dua pekan telah berlalu, dan merge window untuk 4.19 telah berakhir,” tutur Linus Torvalds, 26 Agustus lalu. Fase merge window Linux 4.19 terlihat memusingkan, seperti yang disampaikan Pak Torvalds selanjutnya. Menurutnya, Linux 4.19 bakal menjadi rilis yang besar, bukan karena alasan tertentu, tetapi cenderung pada pembaruan dan perbaikan random, termasuk perbaikan kerentanan LITF.

Kabar Linux

Pada masa merge window ini, pengembang juga menertibkan bug TLB shootdown. “Sementara patch tidak menghadirkan banyak masalah, isu invalidasi TLB merupakan satu yang membuat saya stres,” terang Torvalds.

Pada Linux 4.19-rc1 pengembang menghadirkan dua pertiga pembaruan pada driver termasuk GPU dan jaringan. Sisanya pada arsitektur, sistem berkas, networking, dan inti kernel.

Satu pekan kemudian, 2 September 2018, Torvalds kembali menerbitkan prarilis anyar: kernel Linux 4.19-rc2. Berbeda dari RC1 yang relatif membuat stres, RC2 ini terasa kalem—​tenang, walaupun pembaruannya tak jauh beda; pada driver, arsitektur, dll.

Untuk mengunduh prarilis kernel Linux 4.19, silakan kunjungi laman resminya di https://www.kernel.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top