Kernel

Linus Torvalds: Kernel 4.16-RC5 Lebih Besar dan Tetap Tenang

Lima pekan berlalu pasca pembukaan pengembangan kernel Linux 4.16. Hari ini waktu Indonesia, komunitas kernel yang dipimpin oleh Linus Torvalds menerbitkan kandidat rilis kelima untuk calon rilis kernel tersebut.

Kabar Linux

Bila selama ini Anda mengikuti calon rilis anyar kernel 4.16, siklus pengembangan kernel tersebut cenderung tenang, sama sekali tidak ada drama maupun keributan yang mengganggu layaknya kernel 4.15 dengan masalah Meltdown dan Spectre. Kata Torvalds via Linux Kernel Mailing List (LKML), ketenangan ini masih berlanjut walaupun ukuran komit rc5 lebih besar dibandingkan rc4.

Bukankah setiap kandidat rilis baru, jumlah komit selalu lebih besar? Tidak selalu. Jumlah komit dihitung dari jarak antara satu kandidat rilis sebelumnya dengan setelahnya. Banyak komit dari RC1 sampai RC4 lebih kecil dari RC1 sampai RC5, itu pasti, tetapi jumlah komit antara RC1 dan RC2, RC3 dan RC4, RC4 dan RC5, dst belum tentu lebih besar RC kedua.

Kembali ke topik. Linux 4.16-rc5 menyediakan banyak pembaruan, khususnya pada jaringan, baik driver maupun kode inti, serta pembaruan pada DRM—​terutama AMDGPU. Di bagian lain, kernel ini juga membenahi penanganan microcode pada arsitektur x86, memperbaiki driver SCSI, watchdog, MD, dsb, dan disusul dengan pembaruan kode inti kernel dan sistem berkas.

Untuk mengunduh tarball kernel, (seperti biasa) kunjungi www.kernel.org. Pengguna Ubuntu juga dapat menguji kandidat rilis kernel ini dengan mengunduh berkas DEB-nya melalui kernel.ubuntu.com.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Linus Torvalds: Kernel 4.16-RC5 Lebih Besar dan Tetap Tenang

  1. Adnin Si Jawa says:

    Kernel itu apasih ? ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top