Free Software Open Source Software

LibreOffice di Microsoft Store, TDF: “Itu Tidak Resmi”

Seperti Krita, LibreOffice kini tersedia di Microsoft Store untuk sistem operasi Windows 10. Bedanya, Krita di Microsoft Store disediakan secara resmi oleh pengembang sedangkan LibreOffice disediakan oleh pengembang antah berantah (tidak jelas).

LibreOffice merupakan pengolah dokumen bebas/merdeka dan open-source yang dikembangkan oleh The Document Foundation dan dapat diunduh secara gratis melalui libreoffice.org. LibreOffice yang ada di Microsoft Store ditemukan pertama kali pada 7 Juli lalu dan dihargai dengan nilai 2,99 dollar Amerika atau setara hampir 45.000 rupiah.

LibreOffice
Gambar 1. LibreOffice di Microsoft Store

Dalam dialog deskripsi, “.net”, nama penerbit yang mengunggah LibreOffice ke Microsoft Store menyebutkan bahwa uang yang diterima akan diberikan kepada The Document Foundation. “Free trial tidak terbatas dan memiliki semua fitur,” tulisnya. “Membelinya berarti mendukung kami.”

Kepada BleepingComputer, Italo Vignoli dari The Document Foundation membantah bahwa LibreOffice di Microsoft Store sama sekali tidak berafiliasi dengan organisasi tersebut, begitupun uang hasil penjualan tidak mengalir kepada mereka. The Document Foundation kemudian menegaskan lewat @tdforg,

“Kami telah dibuat sadar dengan versi nonresmi #LibreOffice di @MicrosoftStore. Itu tidaklah resmi maupun dibangun oleh kami, dan uangnya tidak kami kumpulkan, jadi halaman aplikasinya menyesatkan,” terangnya.

Aplikasi LibreOffice di Microsoft Store yang dimaksud dapat ditemukan di sini.

Pengguna Windows saya sarankan untuk mengunduh LibreOffice melalui www.libreoffice.org/download/download/. Apabila memiliki dana berlebih, lebih baik donasikan langsung melalui www.libreoffice.org/donate/.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “LibreOffice di Microsoft Store, TDF: “Itu Tidak Resmi”

  1. Tiwo says:

    Gambar postingan rusak Mas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top