Free Software Open Source Software

LibreOffice 6.1 Siap Dirilis, Sesi Perburuan Bug Ketiga Akan Diadakan Besok

Semakin mendekati rilis final LibreOffice 6.1, The Document Foundation (TDF) akan menyelenggarakan Sesi Perburuan Bug (Bug Hunting Session) ketiga.

Dalam dua bulan, TDF berhasil mengadakan sesi perburuan bug pertama dan sesi perburuan bug kedua. Sesi pertama, kontributor menguji fitur-fitur pada prarilis Alpha1 sedangkan yang kedua menguji fitur-fitur pada prarilis Beta1.

LibreOffice

Jadi, apa itu Sesi Perburuan Bug? Dalam pengembangan perangkat lunak, fitur-fitur anyar yang dibenamkan perlu diuji supaya perangkat lunak tersebut berjalan stabil. Sesi ini difokuskan sebagai sesi untuk mengeduk bug. Semakin cepat bug yang ditemukan, semakin cepat pula diperbaiki, begitu juga semakin besar pula potensi kestabilan yang dimiliki perangkat lunak.

Sesi Perburuan Bug ketiga untuk LibreOffice 6.1 ini direncanakan akan dimulai pada 6 Juli atau besok ini. Bagi yang baru pertama kali berkontribusi, TDF menyediakan mentor yang siap ditanyai apapun lewat kanal IRC #libreoffice-qa dan grup Telegram @LibreOffice_QA mulai pukul 14.00 (6 Juli) sampai 02.00 WIB (7 Juli). Prarilis yang siap diuji adalah LibreOffice 6.1 RC1.

Calon fitur anyar LibreOffice 6.1

LibreOffice 6.1 akan membawa banyak fitur baru. Khusus pada sesi perburuan bug ketiga ini, kontributor “diwajibkan” untuk menguji fitur sistem bantuan luring (offline help system) anyar pada pukul 21.00 sampai 23.00 WIB, 6 Juli.

Di luar itu, akan ada dua hal baru menarik yang patut disimak di LibreOffice 6.1; tema ikon Karasa Jaga (dari proyek Sundara OS) dan kamus ejaan Bahasa Indonesia.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top