Berita

Tim Librem 5 Ingin Jadikan UI dan UX Ponsel Senyaman Mungkin

Di acara Free and Open Source Software Developers European Meeting atau FOSDEM 2018, tim desain Purism, tim pengembangan Librem 5, dan PureOS ikut berkeliling bertemu langsung dengan komunitas dan menjawab segala pertanyaan yang disampaikan oleh mereka.

FOSDEM sendiri merupakan acara tahunan yang mempertemukan banyak pengembang aplikasi bebas/merdeka dan open-source (FLOSS). Di tahun ke 18 penyelenggaraan acara ini, Purism mengirim sembilan orang dengan memakai kaos keren khusus berwarna biru dan salah satunya adalah François Téchené, Direktur Kreatif Purism.

Selalu menjadi hal hebat saat memiliki kesempatan berdiskusi langsung dengan anggota komunitas untuk memperoleh gagasan maupun saran mereka untuk proyek Librem 5, kata François. Komentar dari banyak pendukung membuat saya sadar ada hal penting pada gol dan visi, dalam bidang desain untuk semua lini produk Librem, yang perlu diperluas dan diklarifikasi.

Desain UI dan UX Librem 5

Salah satu poin dalam kesibukannya berkeliling dan berdiskusi dengan komunitas adalah mengenai desain antar muka (UI) dan pengalaman pengguna (UX). Purism ingin menjadikan keduanya terasa nyaman menyesuaikan prinsip interaksi manusia (human interaction) Librem.

Librem 5 desain UI dan UX
Gambar 1. Desain UI dan UX (Peter K., Purism)

Berdasarkan desain UI dan UX yang dibuat oleh Peter K., Librem 5 akan memiliki desain tampilan yang tidak jauh beda dengan ponsel Android.

Navigasi utama terjadi pada separuh layar bawah, dan interaksi mayoritas dengan Lock Screen akan terjadi di separuh layarnya lagi, tutur Peter menjelaskan desain yang ia unggah di pos terkini puri.sm (lihat gambar atas). Saat tak terkunci, ponsel akan menampilkan Home Screen dan menampilkan aplikasi-aplikasi yang sering dipakai (atau fitur) ponsel secara default. Beberapa widget akan mengisi ruang kosong, seperti widget pengontrol musik maupun pencarian web.

“Menggeser ikon aplikasi yang sering dipakai akan menampilkan daftar lengkap aplikasi seperti kolom pencarian ‘main’, yang juga dapat diakses pada bagian bawah layar. Gestur untuk mengurangi gerakan berulang-ulang, seperti saat mengakses pengaturan atau detail daftar notifikasi, tersedia pada bagian atas layar,” imbuhnya.

Beberapa waktu ke depan, Purism mungkin saja akan menerbitkan mockup yang lebih detail untuk menggambarkan desain tersebut, mengingat mockup kemarin tidak menggambarkan hal ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top