Distro Sabayon

Lama Tak Terlihat, Sabayon Terbitkan Rilis Baru 18.05

Setelah sekian lama, tim pengembang Sabayon menerbitkan rilis anyar Sabayon 18.05. Sabayon merupakan distribusi rilis bergulir (rolling release) berbasis Gentoo. Distribusi ini dibangun dengan berusaha sebisa mungkin ramah pengguna pemula dibandingkan dengan sang induk yang terkenal sebagai distribusi horor.

Dalam rilis anyar distribusi berlogo tapak unggas ini, pengembang membenamkan kernel Linux 4.14 bersama desktop environment GNOME 3.24, KDE Plasma 5.12, MATE 1.18, dan Xfce 4.12. Dilihat dari kernel yang dipakai memang terlihat jadul, karena mulai sekarang Sabayon rilis stabil hanya akan memakai kernel LTS alih-alih kernel non-LTS (4.16). Jadi, meskipun Sabayon bersifat rilis bergulir, tidak berarti ia juga bersifat bleeding edge (selalu baru), fakta ini dapat dilihat dari penggunaan GNOME 3.24 (padahal sudah ada GNOME 3.28).

Sabayon

Buat para pengguna aktif Sabayon, kamu bakal mengunduh lebih banyak pembaruan dibandingkan jika kamu memasangnya melalui citra ISO.

Mengapa begitu lama?

Rilis stabil sebelum ini adalah Sabayon 16.11 yang dilakukan dua tahun lalu. Leletnya rilis anyar bukan tanpa sebab. Tim pengembang Sabayon hanya sedikit sehingga butuh kerja ekstra keras untuk menerbitkan rilis baru seperti 18.05, oleh sebab itu awal tahun ini mereka mengubah strategi rilis menjadi dua kali dalam setahun, lebih tepatnya setiap bulan April dan November menurut pos ini.

Target ke depan

Di masa mendatang, pengembang akan menghapus total dukungan Qt4, mengganti perkakas penginstal Anaconda dengan Calamares, meningkatkan manajer paket Entropy, dsb.

Apakah kamu penasaran dengan Sabayon? Silakan cicipi citra edisi GNOME, KDE, MATE, Xfce, dan Minimal melalui tautan ini. Sebagai catatan, mereka hanya menyediakan dukungan arsitektur 64-bit.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top