Distro Ubuntu

Kurang dari 30MB, Citra Dasar Ubuntu 18.04 LTS Makin Kecil

Seperti yang Anda baca sebulan lalu, pengembang Ubuntu telah menambahkan opsi instalasi minimal (Minimal Instal) pada perkakas penginstal Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver. Fitur ini memperkenankan pengguna memasang sistem Ubuntu seminim mungkin demi menghemat ruang diska.

Dari fitur ini, ukuran ruang yang dikonsumsi opsi Minimal Install menjadi 3,5GB, selisih setengah GB jika Anda memasang Ubuntu normal.

Ubuntu

Bagaimana jika dilihat dari ukuran sistem berkas root terkompresi atau citra dasar (base image)? Sesuai namanya, citra dasar adalah citra yang berisi sistem berkas root terkompresi, sistem pembentuk Ubuntu itu sendiri.

“Ubuntu Base adalah rootfs (sistem berkas root -pen) minimal yang dipakai untuk membuat citra kustom untuk kebutuhan tertentu,” tulis Ubuntu via laman wiki.

Melalui cuitan di Twitter, pengembang Ubuntu, Dustin Kirkland, menyebutkan bahwa mereka berhasil mengompres sistem berkas root terkompresi (citra dasar) sekecil mungkin, bahkan sampai 28MB, turun 10 persen dari ukuran sebelumnya sebesar 37MB pada citra dasar 16.04 LTS dan turun banyak dari ukuran citra dasar 14.04 LTS yang mencapai 65MB.

Jika Anda adalah pengguna akhir Ubuntu, Anda tak perlu menghiraukan pembaruan ini, tetapi bila Anda ingin bereksperimen dan membangun Ubuntu dari dasar untuk diolah menjadi distribusi baru sesuai keinginan, perubahan ini tentu saja sangat penting.

Penasaran ingin mengunduh citra dasar Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver? Silakan rujuk repositori cdimage.ubuntu.com/ubuntu-base/daily/current/.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top