Free Software Open Source Software

Krita Buka Kampanye Penggalangan Dana 2018, Fokus Perbaiki Bug

Pengembangan perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source atau FLOSS selalu dinanti oleh para pengguna loyal maupun para pegiat. Terkadang, mereka tidak hanya pasif menanti, tetapi juga berusaha membantu sebisanya, apalagi bagi yang memiliki kantong tebal, mereka memilih untuk membantu lewat pendanaan.

Krita adalah salah satu proyek FLOSS yang sukses mengisi peluang untuk mencari pendanaan bagi orang yang peduli dengan produk mereka. Krita merupakan perkakas untuk melukis secara digital yang selama ini sukses membuka kampanye penggalangan dana melalui layanan Kickstarter. Tanggal 15 September hari Sabtu, Krita kembali memulai kampanye penggalangan dana 2018. Penggalangan dana ini difokuskan untuk meningkatkan kestabilan perangkat lunak dengan menambal bug yang ditemukan di sana dan di situ.

Krita

“Inilah waktunya penggalangan dana Krita baru! Gol utama tim pengembang tahun ini adalah fokus pada: kestabilan,” kata pengembang saat membuka kampanye penggalangan dana 2018. Kampanye yang memfokuskan pada kestabilan ini dilakukan setelah beberapa kampanye sebelumnya mereka fokus membenamkan fitur anyar.

“Tahun ini, kami ingin mundur sejenak, melihat apa saja yang telah kami capai, dan mengumpulkan apa saja (fitur) yang rusak, (fitur) apa yang tidak sesuai harapan dan (bug) apa yang terlupakan,” tambahnya. “Ringkasnya, kami ingin memperbaiki bug, menstabilkan Krita dan memoles fitur-fitur yang hadir karena (bantuan) Anda!”

Untuk memilih prioritas bug mana yang paling penting diperbaiki lebih dahulu, tim pengembang mempersilakan pengguna untuk mengumpulkan suara. Berdasarkan keterangan yang mereka sampaikan di artikel ini, bug pada fitur Papercuts dipilih oleh 84 suara, Animation dipilih oleh 41 suara, Brush Engine dipilih oleh 39 suara, bug pada Layer dipilih oleh 23 suara, Vector Object and Tools 20 suara, Text 15 suara, Layer Styles 13 suara, dst.

Pada kampanye penggalangan dana 2018 ini, Krita tidak lagi menggunakan platform pihak ketiga (Kickstarter), mereka membangun sistem sendiri. Jadi, bagi yang tertarik untuk mengikuti penggalangan dana Krita terkini, silakan kunjungi krita.org/en/fundraising-2018-campaign/. Sampai artikel ini turun, penggalangan dana terkumpul sebanyak 8.770 Euro dan akan ditutup 24 hari lagi.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “Krita Buka Kampanye Penggalangan Dana 2018, Fokus Perbaiki Bug

  1. Info Menarik says:

    Bugnya apa aja ya mas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top