Berita

Kota Taipei, Taiwan Akan Jadi Tuan Rumah GNOME.Asia Summit 2018

Setiap tahun, komunitas GNOME di Asia mengadakan pertemuan puncak yang dijuluki sebagai GNOME.Asia Summit. Komite GNOME.Asia yang bertanggung jawab mengadakan gelaran akbar ini pertama kali dibentuk pada tahun 2008 oleh para pegiat, pengguna, dan pengembang GNOME di wilayah Asia.

Sesuai namanya, acara ini membahas segala hal yang berhubungan dengan GNOME, termasuk penerapan GNOME di desktop dan mobile, aplikasi berbasis GNOME, dan membahas platform pengembangan GNOME.

GNOME

GNOME.Asia Summit sudah diselenggarakan di sembilan lokasi berbeda; di Beijing (Tiongkok) pada tahun 2008 dan 2014, Ho-Chi-Minh (Vietnam) pada tahun 2009, Taipei (Taiwan) pada tahun 2010, Bangalore (India) pada tahun 2011, Hong Kong pada tahun 2012, Seoul (Korea) pada tahun 2013, Depok (Indonesia) pada tahun 2015, Delhi (India) pada tahun 2016, dan Chongqing (Tiongkok) pada tahun 2017.

Bagaimana dengan tahun ini?

Komunitas GNOME.Asia cukup gesit. Awal Maret 2018 kemarin, komite GNOME.Asia memanggil komunitas di Asia yang tertarik untuk menjadi tuan rumah GNOME.Asia Summit 2018, 12 April kemudian, komunitas GNOME di Taiwan menyanggupi panggilan tersebut.

Melalui siaran pers, GNOME menyatakan, GNOME.Asia Summit 2018 akan diselenggarakan di Taipei, Taiwan. Dengan demikian, ini menjadi kesempatan Taipei untuk menjadi tuan rumah kedua kalinya setelah tahun 2010.

Taiwan adalah lokasi fantastis untuk GNOME.Asia 2018 mengingat kota tersebut memiliki hubungan besar dengan teknologi dan inovasi, kata GNOME. Taipei merupakan rumah bagi komunitas bebas/merdeka dan open source yang sangat aktif, dengan meetup mingguan, hackfest bulanan, dan lebih dari 50 konferensi tahunan untuk beragam proyek bebas/merdeka dan open source.

GNOME.Asia Summit 2018 bakal diadakan di National University of Science Technology of Taiwan pada tanggal 11 sampai 12 Agustus.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top