Kernel

Kernel Linux-libre 4.17 untuk Pengguna 100% Free Software Meluncur

Kehadiran rilis anyar kernel Linux selalu menjadi sesuatu yang sangat ditunggu oleh pengguna berat distribusi GNU/Linux. Saya mengatakan “pengguna berat” yang merujuk kepada pengguna yang memperhatikan detail sekecil mungkin pada sistem operasi dan komputer yang mereka pakai.

Kernel 4.17 final merupakan salah satu kernel yang patut untuk ditunggu karena banyaknya pembaruan yang dimasukkan ke dalamnya. Untuk pengguna yang ingin seratus persen sistemnya dijalankan menggunakan FLOSS, kernel upstream yang dirilis kemarin bukanlah sesuatu yang sempurna karena kernel tersebut masih membawa blob (binary tanpa source code), khususnya pada firmware.

Linux-libre

Untuk mengatasi hal tersebut, Free Software Foundation Latin America (FSFLA) selalu menerbitkan kernel GNU Linux-libre (atau Linux-libre saja), kernel tanpa blob. Kali ini, setelah upstream meluncurkan 4.17, FSFLA meluncurkan Linux-libre 4.17. Terlihat pada catatan rilisnya, Linux-libre menghapus hasil deblob Dreamcast Yamaha ICA dan USB IrDA.

Di samping itu, Linux-libre 4.17 juga menyesuaikan firmware loader serta mengorganisasi ulang builddeb, begitu juga memperbarui hasil deblob:

  • i915

  • amdgpu

  • coda

  • s5p-mfc

  • wl1251

  • brcmfmac

Untuk mengunduh tarball kernel yang diberi nama kode -ENOTEMPTY ini, silakan kunjungi fsfla.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top