Kernel

Kernel Linux 4.17-RC3 Dirilis, Benahi Kode Page-Table Isolation

Akhir bulan April 2018, kernel Linux 4.17-rc3 diluncurkan sebagai kandidat rilis terkini yang membenamkan pembaruan maupun perbaikan untuk dibenamkan ke versi final mendatang. Kernel 4.17 adalah milestone yang terus digarap selama tujuh sampai delapan pekan dan ini merupakan pekan ketiganya.

Linux 4.17-rc3 lebih besar dibandingkan RC2. Begitulah pengumuman Torvalds yang disampaikan melalui Linux Kernel Mailing List. Ini merupakan efek yang ditimbulkan oleh pola. “Apapun alasan untuk polanya (apakah itu hanya karena ‘orang-orang perlu waktu untuk mencari bug’ atau ‘orang-orang mengambil nafas setelah merge window‘), polanya tetap ada dan baik-baik saja,” tuturnya.

Kabar Linux

Perubahan terbesar terjadi pada driver, sebesar 60 persen, yakni pada GPU, sound, jaringan, SCSI, USB, dsb. Di luar itu terdapat pembaruan arsitektur ARM64, x86, dan PowerPC, beserta perbaikan kode jaringan dan tooling termasuk perf dan selftest. Inti kernel juga mendapatkan pembaruan di sini.

Kode-kode yang berhubungan dengan PTI yang dibenamkan sebelumnya mendapatkan perbaikan di pra-rilis ini. KPTI atau PTI (Kernel Page-Table Isolation) merupakan fitur kernel untuk memitigasi Meltdown.

Mencoba kernel terkini merupakan sesuatu yang menantang karena kamu dapat mencoba fitur-fitur baru serta memeriksa dukungan perangkat keras terkini. Sebagai catatan, tidak disarankan untuk mencoba kernel jika kamu masih pemula.

Tarball kernel dapat diperoleh melalui https://kernel.org.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top