Free Software Open Source Software

Kdenlive 18.12 Hadir, Kdenlive Hasil Refaktor Ditunda Hingga Siklus Rilis 19.04

Farid Abdelnour, salah satu pengembang editor video Kdenlive, meluncurkan versi anyar 18.12 sebagai salah satu perkakas fungsional dari keluarga KDE Applications 18.12. Rilis ini masih berupa rilis biasa, hanya berisi perbaikan bug dan sedikit peningkatan fitur pada beberapa sisi.

Menurut rencana sebelumnya, Kdenlive 18.12 merupakan rilis pertama hasil refaktor kode, tetapi ada beberapa hal yang membuatnya ditunda hingga siklus rilis 19.04.

Editor video 18.12 telah membawa perbaikan crash saat impor image sequence, perbaikan isu EBN, serta perbaikan agar ia dapat dikompilasi dengan opsi QT_NO_NARROWING_CONVERSIONS_IN_CONNECT. Di samping itu, pengembang juga menambahkan URL donasi pada appdata, menyinkronkan manual quickstart dengan UserBase, serta melengkapi berkas dokumentasi.

Kdenlive

Seperti yang disampaikan oleh pengembang, Kdenlive 18.12 hanyalah berupa rilis perbaikan dan sedikit peningkatan. Ia akan disediakan oleh pengembang distribusi di masing-masing repositori. Bagi pengguna yang ingin bereksplorasi lebih, Anda dapat mencicipi Kdenlive hasil refaktor yang kini sudah tersedia sebagai nightly build, fitur pemprosesan paralel untuk meningkatkan kecepatan render, dan dukungan hardware acceleration pada pembuatan proxy clip. Kdenlive hasil refaktor juga sudah memperkenalkan kembali efek Speed dan output decklink Blackmagic Design.

Untuk mengunduh Kdenlive hasil refaktor, silakan kunjungi repositori KDE. Berkas unduhan dalam bentuk format AppImage. Kdenlive akan terus memperoleh perbaikan setelah seorang pengembang tertarik untuk bergabung dan mengatasi bug pada dukungan MOVIT (efek GPU).

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top