Desktop Environment

KDE Plasma 5.13 Dirilis, Dukung Plasma Browser Integration dan Menu Global Aplikasi GTK

La la ye ye …​ kemarin (12/6), KDE resmi mengumumkan rilis mayor desktop environment KDE Plasma 5.13 sebagai versi termutakhir dengan segala fitur-fitur terkini yang diharapkan semakin memanjakan dan meningkatkan produktivitas pengguna.

“Hari ini (12/6) KDE menyingkap rilis final Plasma 5.13.0. Anggota tim Plasma telah bekerja keras menjadikan Plasma desktop ringan dan responsif yang muat dan berjalan gesit, tetapi tetap berfitur penuh dengan tampilan terpoles indah,” pengembang menuliskan pengumumannya di laman resmi KDE.

Dilihat dari sisi under-the-hood, pengembang telah menurunkan penggunaan memori dan mengoptimasi startup sehingga performa runtime dijamin lebih bagus. Pembaruan juga memungkinkan panel popup berjalan lebih mulus di perangkat keras berspesifikasi rendah.

KDE Plasma 5.13 yang semakin segar

KDE Plasma 5.13 telah membenamkan fitur Integrasi Peramban Plasma (Plasma Browser Integration). Dengannya, pengguna peramban Firefox, Chrome, maupun yang berbasis Chromium dapat melihat proses unduhan pada popup notifikasi Plasma. Musik dan video yang diputar lewat peramban, kini juga dapat diatur langsung melalui Media Controls Plasmoid, selain itu melalui peramban, pengguna juga dapat langsung mengirim tautan ke ponsel dengan KDE Connect. KRunner (Alt+F2) pun dapat dipakai untuk mengakses tab peramban.

KDE Plasma
Gambar 1. Plasma Browser Integration

Fitur integrasi tersebut dapat diaktifkan dengan cara memasang ekstensi atau pengaya peramban yang dipakai.

Untuk memenuhi visi KDE, KDE Plasma 5.13 telah mendesain ulang perkakas System Settings dan memperbarui pengaturan splash screen sehingga pengguna dapat mengunduh splashscreen baru dari KDE Store. Yang anyar juga ditemukan pada framework KDE Kirigami.

KDE Plasma
Gambar 2. System Settings segar

Pengunci layar (lock screen) dan layar login (login screen) di rilis ini mendapatkan desain baru. Meskipun Martin Floser mengundurkan diri dari jabatan pemelihara KWin, pengolahan kompositor ini tetap berjalan. Kompositor KWin memperoleh pembaruan pada efek blur dan pada fitur desktop switching. Selain itu juga mendapatkan peningkatan dukungan Wayland, terutama dukungan awal perekam layar dan berbagi desktop.

KDE Plasma
Gambar 3. Pengunci layar baru

Perkakas Plasma Discover juga lebih segar yang mampu menampilkan daftar dan kategori aplikasi dengan lebih baik. “Daftar aplikasi (List) kini dapat diurutkan, dan menggunakan widget Kirigami Cards baru. Rating bintang ditampilkan pada daftar dan halaman aplikasi. Ikon aplikasi menggunakan tema ikon local supaya cocok dengan pengaturan desktop. Semua metadata AppStream sekarang terlihat pada halaman aplikasi, termasuk tipe URL,” jelasnya.

Tidak lupa, KDE Plasma 5.13 membawa dukungan menu global pada aplikasi GTK+ sebagai tech preview, backend CryFS pada Plasma Vault, memperbarui widget Digital Clock, dll.

Para pengguna distribusi GNU/Linux perlu menunggu beberapa waktu sebelum desktop environment ini masuk repositori mereka. Jika ingin mencoba KDE Plasma 5.13 lebih cepat dari pada distribusi lain, silakan jajal KDE neon Dev Unstable, openSUSE Tumbleweed, dan Arch Linux.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top