Distro Slackware

KDE Plasma 5.12.5 Hadir ‘Tuk Pengguna Slackware-current

Kontributor aktif Slackware, Eric Hameleers alias alienBOB selalu menyediakan paket desktop environment KDE Plasma 5 di dalam repositorinya. Repositori pihak ketiga yang ia sediakan sangat membantu pengguna yang ingin memasang KDE terkini di Slackware, mengingat KDE bawaan Slackware masih berada di versi 4.

Bulan Mei ini, alienBOB meluncurkan set pembaruan pada repositori ktown yang dituliskan dengan nomor rilis KDE-5_18.05. Di pembaruan ini, ktown membenamkan KDE Frameworks 5.46, KDE Applications 18.04.1, dan KDE Plasma 5.12.5. Semuanya dijalankan di atas Qt 5.9.5, tidak Qt 5.11.0 seperti yang diharapkan. Dirinya memang menunda pembenaman Qt 5.11.0 dan lebih suka menunggu kehadiran 5.11.x.

Slackware

Sebagai catatan, repositori ktown terkini hanya mendukung Slackware-current. Slackware 14.2 tetap masih dapat menggunakannya tetapi untuk versi yang hadir beberapa bulan lalu.

Bersamaan dengan rilis ini, alienBOB juga telah memperbarui paket poppler supaya setara dengan versi yang disediakan oleh Slackware-current. Bagi pengguna Slackware yang tertarik menggunakan KDE Plasma 5, silakan baca berkas README panjang yang ada di berkas ini.

AlienBOB berharap dengan hadirnya KDE Plasma 5 untuk Slackware melalui dirinya hampir empat tahun lalu dapat membuktikan, KDE Plasma 5 makin matang dan dapat berjalan baik di Slackware, sehingga Patrick Volkerding tertarik untuk memasukkannya ke repositori resmi distribusi tersebut.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top