Hardware

KDE dan Necuno Solutions Berkolaborasi, Bangun Ekosistem Mobile Bebas/Merdeka

Semakin banyak pengguna teknologi yang paham privasi, meskipun jika dibandingkan dengan yang tidak paham, rasionya masih sedikit. Sebagai akibat dari fenomena tersebut, perusahaan atau organisasi yang selama ini sudah fokus menyediakan platform ramah privasi, semakin gencar mengembangkan teknologi yang memiliki semangat sama di ranah berbeda.

Purism salah satunya. Selama ini mereka membangun komputer jinjing atau laptop lengkap dengan ekosistem terbuka (FLOSS); sistem operasi GNU/Linux beserta aplikasi-aplikasinya, kini mereka membangun ponsel Librem 5 yang menawarkan ekosistem serupa. Contoh lainnya, ada KDE yang selama ini mengembangkan desktop environment untuk lingkungan desktop, kini membangun lingkungan untuk mobile–Plasma Mobile.

Plasma Mobile
Gambar 1. Plasma Mobile

Mengenai pernyataan terakhir, kabar bagus datang dari organisasi “rival” dari GNOME itu. KDE mengumumkan bahwa mereka resmi berkolaborasi dengan Necuno Solutions untuk menyajikan perangkat Necuno Mobile. Necuno Solutions mendeskripsikan perangkat tersebut sebagai platform perangkat keras yang benar-benar open-source.

Berdasarkan laman resmi necunos.com, Necuno Solutions adalah perusahaan yang fokus di bidang privasi dan keamanan, khususnya pada ranah mobile. Mereka memiliki misi untuk menyediakan ekosistem mobile yang bebas dari perangkat lunak/keras tertutup dan proprietari.

Plasma Mobile sudah “di-booking” oleh Librem 5 sebagai lingkungan alternatif. Di Necuno, Plasma Mobile justru akan menjadi perangkat lunak kelas pertama yang mereka dukung dan sajikan. Necuno Mobile akan dilengkapi dengan ARM Cortex-A9 NXP i.MX6 Quad serta GPU Vivante. Berdasarkan pernyataan mereka, tidak ada satupun firmware tertutup yang mengakses memori ponsel.

CCO (Chief Communications Officer) Necuno Solutions, Tanja Drca, menyebut KDE sebagai komunitas yang mulai jauh merambah ekosistem mobile dan mampu menantang duopoli pasar (Apple dan Google). Salah satu pengembang utama Plasma Mobile, Bhushan Shah menyampaikan pentingnya pengembangan ekosistem mobile di perangkat yang benar-benar terbuka dan Necuno Solutions dapat membantu itu melalui Necuno Mobile-nya.

Di masa mendatang, platform-platform alternatif bersifat terbuka bakal tersebar bebas di pasar dan bebas dinikmati oleh orang-orang, sebut saja UBports, Librem 5, dan Necuno Mobile ini. Kira-kira, nanti lebih laku mana?

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top