Event

Informasi Seputar LibreOffice Conference Indonesia yang Perlu Anda Ketahui (Update)

Fix! Penyelenggara konferensi LibreOffice pertama di Indonesia baru saja memperbarui laman LibreOffice Conference Indonesia 2018 (awalnya LibreOffice Indonesia Mini Conference) dengan informasi yang lebih informatif daripada sebelumnya.

Libreoffice Conference Indonesia

LibreOffice Conference Indonesia 2018

Pasca openSUSE.Asia Summit 2017 sekaligus LibreOffice Mini Conference, beberapa pegiat FLOSS dari Indonesia mulai ‘membentuk’ komunitas LibreOffice Indonesia (Anda melihat tanda petik di situ? Silakan simak terus artikel ini) dan merencanakan LibreOffice Indonesia Mini Conference. Nama konferensi ini merujuk pada acara rutin yang diadakan oleh komunitas Jepang.

Setelah ‘terdaftar’ secara resmi di laman wiki The Document Foundation (TDF), acara ini resmi berganti nama menjadi LibreOffice Conference Indonesia.

Seperti yang kami sampaikan di paragraf pertama, acara ini akan menjadi konferensi pertama yang mempertemukan para pegiat LibreOffice secara luring. Melalui laman libreoffice.id, penyelenggara menuliskan, “ajang berkumpul penggiat dan pengguna LibreOffice yang mengutamakan kontribusi nyata pada kemajuan kemerdekaan perangkat lunak.”

Jika Anda mengaku pengguna garis keras LibreOffice, kami pastikan LibreOffice Conference Indonesia merupakan acara yang sangat cocok untuk Anda.

PENS … sekali lagi PENS!

Acara akbar LibreOffice Conference Indonesia akan diadakan pada tanggal 23 sampai 25 Maret 2018 di kota Surabaya. Pada mulanya, penyelenggara bermaksud merahasiakan lokasi pasti acara, meskipun kemudian tersiar bocoran bahwa ia akan diadakan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

“Soalnya belum MoU, jadi panitia belum bisa publish,” kata Kukuh Syafaat saat mengonfirmasi alasan penyelenggara belum menerbitkan pengumuman resmi seputar lokasi acara.

Melalui libreoffice.id, LibreOffice Conference Indonesia dipastikan diadakan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) yang beralamat di Jl. Raya ITS – Kampus PENS, Sukolilo, Surabaya. Lokasi PENS dapat Anda simak di pens.co.id.

Sponsor dan pendukung

Pembaruan libreoffice.id juga menegaskan siapa saja sponsor dan pendukung acara ini. Di laman sebelumnya, semua logo organisasi maupun perusahaan masuk dalam kategori sponsor. Namun di laman baru, antara sponsor dan pendukung dibedakan dengan jelas.

Sponsor LibreOffice Conference Indonesia yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF), Domus, Fans, openSUSE, openSUSE Indonesia, LibreOffice, Bursa Efek Indonesia, APJII Wilayah Jawa Timur, Asosiasi Open Source Indonesia, Btech, Kebab Lasan, BlankOn, Linksoft, CloudKilat, Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI), Excellent, dan Sakti, sedangkan pendukungnya yakni KLAS (Komunitas Linux Arek Suroboyo), KLIM (Komunitas GNU/Linux Malang), OSC PENS (komunitas open-source PENS), HIMIT (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika PENS), HMCE (Himpunan Mahasiswa Computer Engineering PENS), Ridon, GLIB (GNU/Linux Bogor), dan Istana Media. Penyelenggaranya adalah Komunitas LibreOffice Indonesia yang bekerja sama dengan PENS dan Radnet.

Siapakah penyelenggara LibreOffice Conference Indonesia?

Seperti yang disebutkan tadi, penyelenggaranya adalah Komunitas LibreOffice Indonesia. Anda dapat merujuk grup Facebook LibreOffice Indonesia untuk melihat (kira-kira) siapa saja orang yang mengadakan acara akbar ini (ssst .. lihat daftar admin).

Komunitas tersebut sebenarnya sudah lama berdiri, tetapi relatif sepi hingga pertengahan 2017 lalu. Setelah itu, komunitas ‘diambil alih’ sehingga menelurkan acara konferensi besar ini.

Belajar LibreOffice Indonesia (BLOI)–komunitas LibreOffice lain yang meluncurkan beberapa buku elektronik—​akan sangat mungkin mengikuti konferensi akbar ini.

Libbie jadi “maskot” konferensi?

Update (24/2): Libbie tidak akan menjadi maskot acara.

Libbie merupakan mantan calon maskot LibreOffice karya Tyson Tan, orang yang sama yang mendesain maskot Krita dan KDE. Karena ‘drama’, Libbie menjadi desain keren yang tidak pernah diterima oleh TDF untuk menjadi maskot LibreOffice.

Meskipun begitu, tak sedikit orang yang mencintai maskot tersebut, termasuk penyelenggara konferensi. Poster resmi yang akan terbit nanti dipastikan menggunakan Libbie sebagai maskotnya.

Para pembicara konferensi

Ada lebih dari 20 pembicara yang akan berbagi banyak hal seputar FLOSS maupun LibreOffice.

Dari para pembicara tersebut, dua orang akan menjadi keynote speaker; salah satu pendiri TDF, Italo Vignoli, dan Franklin Weng, anggota TDF yang berhasil memigrasikan pengolahan dokumen di suatu wilayah di negara Taiwan ke ODF.

Jadwal konferensi

Jadwal konferensi dapat dilihat langsung di laman libreoffice.id atau silakan simpan berkas JPG ini untuk kemudian disimpan di ponsel jika sewaktu-waktu ingin melihat jadwal acara secara luring.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Informasi Seputar LibreOffice Conference Indonesia yang Perlu Anda Ketahui (Update)

  1. Sasongko says:

    Ada materi yang boleh dikopi kang?

    1. Saya belum punya kang, kayaknya slide sama video masih dalam proses pengumpulan/pengunggahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top