Distro elementaryos

Ikuti Pop!_OS, Elementary OS Akan Benamkan Enkripsi Full Disk di 5.0 Juno

Sementara System76 sedang sibuk mengerjakan dukungan enkripsi full disk sebagai fitur default, tim elementary OS mulai membahasnya dan juga segera akan menerapkannya di rilis berikutnya.

Ini bukan kebetulan. Untuk mengerjakan fitur enkripsi, System76 memang bekerja sama dengan elementary OS sehingga sangat pas jika hasil kerja keras dibenamkan oleh kedua organisasi. Seperti keinginan System76 untuk menjadikan enkripsi sebagai fitur default dan sedikit mungkin melibatkan pengguna untuk mengaturnya, tim elementary OS juga ingin melakukannya.

“Kami harus mengasumsikan enkripsi diska—​dan pengamaman data pengguna yang lebih baik—​sebagai fitur yang kami inginkan secara default, dan melakukan optimisasi instalasi dan proses boot setelahnya,” jelas Cassidy James Blaede.

Tentu saja, menjadikan enkripsi diska secara default memiliki implikasi pada pengalaman pengguna (UX) pasalnya fitur semacam ini bukanlah fitur standar desktop GNU/Linux manapun.

Di awal-awal pengumuman, tim elementary OS sudah mendesain dan menggarap purwarupa tampilan fitur Encryption. Ada tiga fitur penting yang akan dibenamkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, yakni fitur untuk mengganti password enkripsi di System Settings, fitur untuk menyinkronkan atau menambah password untuk admin lain, serta memperindah dan memastikan entri power-on password bekerja dengan baik di sistem operasi manapun dan di kombinasi perangkat keras apapun.

elementary OS
Gambar 1. Fitur enkripsi diska elementary OS

Akan meluncur di elementary OS 5.0 Juno

System76 akan membenamkan fitur enkripsi diska di Pop!_OS tidak lama setelah Ubuntu meluncurkan rilis 18.04 LTS Bionic beaver, sedangkan elementary OS akan membenamkan di 5.0 Juno yang sampai saat ini belum dapat diprediksi waktu peluncurannya mengingat mereka menerapkan prinsip rilis jika sudah siap.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top