Distro Ubuntu

Ikuti Jejak Edisi Utama, Kubuntu dan Lubuntu Pastikan Setop Dukungan 32-bit

Kabar menyedihkan bagi pengguna komputer 32-bit terus datang dari varian Ubuntu. Setelah Ubuntu MATE dan Ubuntu Budgie memastikan akan menghapus dukungan arsitektur lawas tersebut di 18.10 Cosmic Cuttlefish, beberapa varian lain juga melakukan hal serupa.

Bryan Quiqley, salah satu pengembang dari Canonical, merilis proposal yang berisi permintaan untuk menghentikan dukungan i386 (32-bit) pada varian Ubuntu mulai siklus rilis 18.10. “Dengan Ubuntu MATE, Ubuntu Budgie, dan Ubuntu Studio yang bergabung dengan Ubuntu Desktop dan Server untuk tidak mendukung i386 sebagai cara untuk fokus (pada 64-bit), dan dilihat dari statistik, kita (varian Ubuntu) harus bergabung dengan mereka,” tuturnya. “Sekarang inilah waktu ideal untuk melakukannya.”

Ubuntu 18.10
Gambar 1. Ikan Sotong (Brian Gratwicke)

Setelah proposal ini terbit, Softpedia melansir bahwa pengembang Kubuntu dan Lubuntu, Rik Mills dan Simon Quiqley, memastikan mereka tidak akan lagi menerbitkan citra ISO 32-bit di rilis Cosmic Cuttlefish. Xubuntu dan Ubuntu Kylin masih belum mengonfirmasi.

Cukup banyak alasan mengapa varian Ubuntu “harus” menghentikan dukungan 32-bit. Dari keterangan Brian, menurut statistik yang berhasil mereka kumpulkan, kebanyakan pengguna varian Ubuntu 32-bit memasang distribusi mereka di perangkat yang mendukung 64-bit. Padahal menjalankan varian Ubuntu 32-bit di perangkat 64-bit membuka kerentanan Meltdown. “Sebagian perangkat keras i386 tidak rentan, tetapi sebagian lainnya iya (rentan),” katanya.

Dengan demikian, distribusi varian Ubuntu (flavours) yang sempat disebut di atas hanya mendukung 32-bit sampai rilis 18.04.

Bagaimana dengan turunan dari distribusi-distribusi tersebut? Misalnya seperti KDE neon, apakah juga akan mengikutinya?

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top