Berita

Hindari Tubrukan dengan ‘GVfs’ GNOME, Microsoft Siap Ubah Nama ‘GVFS’ Miliknya

Git adalah sistem kontrol versi (VCS) terdistribusi buatan Linus Torvalds yang sangat powerful. Hampir semua proyek perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source menggunakan VCS tersebut, terutama untuk proyek-proyek yang baru didirikan kurang dari satu dekade lalu.

Tidak mengagetkan kalau kehebatan Git juga dimanfaatkan oleh Microsoft. Perusahaan dari Redmond mengklaim telah menggunakan Git untuk mengelola basis kode sistem operasi Windows. Namun, ternyata Microsoft kecewa dengan performa Git saat digunakan untuk mengolah 3,5 juta baris kode dengan ukuran 270 GB. Oleh sebab itu pada tahun 2017 mereka mengumumkan proyek yang dijuluki dengan GVFS (Git Virtual File System) untuk mengatasi hal tersebut.

Terasa familiar dengan GVFS? Yak, GVfs memang merupakan “merek” yang sudah lama dimiliki oleh GNOME dan merupakan akronim dari GNOME Virtual file system.

GVFS
Gambar 1. Repositori Github GVFS

Sejak diumumkan pertama kali, pegiat FLOSS sudah melayangkan protes kepada Microsoft untuk mengganti namanya. Kepedulian para pegiat tidak hanya disampaikan melalui forum-forum daring (Reddit, Slashdot, HN, dsb) tetapi juga langsung sebagai isu di repositori GVFS. Namun sayang, isu yang dibuka pada bulan Februari 2017 ditutup oleh @sanoursa dari Microsoft pada bulan November.

“Terima kasih atas PR-nya dan skrip Anda (skrip perubahan nama GVFS -pen), tetapi saat ini kami tidak berminat mengubah nama (GVFS) tersebut,” kata @sanoursa. Di pos lain, beberapa waktu setelah PR dibuka, dia sempat menerangkan bahwa GVFS yang akan dirilis untuk GNU/Linux akan disebut dengan nama berbeda.

Beruntung sekali, setelah “perang diskusi”, pihak Microsoft akhirnya setuju untuk mengubah nama proyek mereka agar tidak bertubrukan dengan GVfs dari GNOME. Mereka masih mengumpulkan ide melalui laman isu ini dengan tiga panduan; tanpa merek “Git”, pendek dan mudah diterima oleh semua bahasa, dan deskriptif.

Kamu punya ide nama baru GFVS? Coba sebutkan di kolom komentar atau jika ingin langsung kontribusi, silakan tuliskan ide tersebut di sini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Hindari Tubrukan dengan ‘GVfs’ GNOME, Microsoft Siap Ubah Nama ‘GVFS’ Miliknya

  1. itu yg bener bukannya vcs ya version control system, bukan cvs #cmiiw

    1. Wah iya kebalik

      * maklum terbayang CVS yang amat jadoel haha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top