Free Software Open Source Software

Hasil Final Refaktor Kdenlive Akan Hadir Bulan Agustus 2018

Kdenlive merupakan salah satu perangkat lunak pengolah video open-source yang cukup populer. Selama beberapa bulan, pengembang merefaktor kode demi meningkatkan performa dan fitur perangkat lunak. Ini adalah pekerjaan besar layaknya membangun rumah dengan bahan dan fasilitas yang lebih bagus di sebelah rumah lawas. Jika rumah baru sudah kuat dan tangguh, rumah lawas akan dibongkar (mungkin ini bukan analogi bagus, tapi yaaa cukup lah …​).

Satu setengah tahun berlalu, pengembang Kdenlive siap meluncurkan rilis gres hasil refaktor tersebut sebagai bagian dari KDE Applications 18.08 pada bulan Agustus. “Tetapi memutuskan hal tersebut tidaklah mudah. Sebagian besar kode telah ditulis ulang, yang berarti berpotensi memiliki regresi,” ungkap Jean-Baptiste Mardelle.

Kdenlive
Gambar 1. Kdenlive (kdenlive.org)

Sudah lama tidak diberi kabar, apa saja sih pembaruan yang sudah dibenamkan pada proses refaktor Kdenlive?

Pengembang telah menyertakan kemampuan untuk memisahkan secara otomatis clip video dan audio pada timeline, fitur slowmotion yang lebih andal, fitur untuk mengaktifkan/menonaktifkan segala tipe clip pada timeline, dan tinggi track yang dapat digeser ganti ukuran (resizable). Fitur keren yang sangat pantas untuk disampaikan adalah fitur untuk membagikan hasil render video langsung ke pustaka KDE Purpose (YouTube, Twitter, NextCloud, KDE Connect, dll), fitur ini memerlukan KDE Frameworks.

Fitur standar seperti membuat proyek, menambah clip, menggeser-geser clip tersebut pada timeline, menambahkan efek dan komposisi, serta fitur perender sudah dapat dijalankan, meskipun masih ada beberapa masalah yang perlu diatasi, termasuk kompatibilitas dengan berkas proyek Kdenlive lawas, pengaturan komposisi yang tidak terperbarui secara otomatis saat resize, performa yang menurun pada thumbnail audio, dan efek melengkung (curve) yang tidak bekerja.

Bagi yang tertarik mencicipi calon Kdenlive terkini tersebut, silakan unduh berkas AppImage-nya melalui tautan ini. Berkas AppImage membawa semua fitur yang dipunyai Kdenlive kecuali fitur untuk membagikan video ke YouTube, NextCloud, dll.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top