Distro Ubuntu

Hari Ini Fase Pembekuan Fitur, Ubuntu 18.04 LTS Benamkan Kernel 4.15 ke Repositori

Bulan Maret menyapa. Ini berarti, sekitar dua bulan lagi Canonical menghadirkan Ubuntu 18.04 LTS Bionic Beaver sebagai rilis stabil sekaligus LTS teranyar, penerus 17.10 maupun 16.04 LTS.

Ubuntu

Awal digarap tahun lalu, muncul spekulasi bila Ubuntu 18.04 LTS akan menggunakan kernel Linux 4.14, mengingat kernel tersebut adalah kernel LTS. Namun, seiring waktu, teryata pengembang lebih memilih kernel 4.15 sebagai kernel bawaan.

Di fase pengembangan ini, tim kernel Ubuntu sudah membenamkan kernel berbasis 4.15 ke repositori distribusi. Kernel Linux 4.15 sendiri merupakan kernel rilis mayor termutakhir yang dihadirkan oleh upstream beberapa pekan lalu. Dengan menyediakan kernel ini, Ubuntu 18.04 LTS akan mendukung kartu grafis Radeon RX Vega secara out-of-the-box dan beberapa perangkat lain.

Hari ini fase Pembekuan Fitur (Feature Freeze)

Menurut jadwal rilis, tanggal 1 Maret ini, Ubuntu 18.04 LTS menginjak fase Pembekuan Fitur atau Feature Freeze (mungkin saat kabar ini diturunkan, belum ada pengumuman resmi dari pengembang karena zona waktu). Setelah ini, 5 April, Ubuntu 18.04 akan menginjak fase Beta Final lalu rilis final pada 26 April.

Untuk mencoba ISO pra-rilis Ubuntu 18.04 LTS, Anda dapat mengunduhnya melalui repositori ini.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top