Free Software Open Source Software

Haiku OS Peroleh Dukungan Perangkat Lunak LibreOffice 6

Sistem operasi FLOSS (Free/Libre Open Source Software) sungguh tidak sedikit. GNU/Linux dan BSD adalah dua yang populer, di luar itu terdapat RedoxOS, Haiku OS, ToaruOS, ReactOS, dsb. Sistem-sistem operasi tersebut relatif masih eksperimental dibandingkan dua yang populer yang sudah dapat dipakai di sistem produksi.

Haiku OS merupakan sistem operasi yang dibangun terinspirasi dari BeOS–sistem operasi multimedia yang sudah mati 18 tahun lalu. Perkembangan Haiku OS cenderung lambat, selama ini mereka berjuang keras untuk menambahkan dukungan aplikasi-aplikasi FLOSS. Semakin ke sini, kerja keras tersebut membuahkan hasil, kini sistem operasi Haiku OS berhasil mendukung aplikasi perkantoran LibreOffice.

Haiku OS
Gambar 1. Ilustrasi Haiku OS

Rilis LibreOffice yang berhasil dijalankan pada Haiku OS adalah LibreOffice 6 yang dapat dipasang melalui manajer paket HaikuDepot. Perlu dicatat, dukungan LibreOffice 6 belum sempurna, masih ada beberapa masalah yang ditemukan di sini terutama masalah crash dan masalah pada perenderan. “Namun, ia sudah dapat dipakai sehari-hari. Saat kabar ini ditulis, ia tersedia di repositori paket x86_64, dan semoga versi 32-bit hadir sebentar lagi,” lapon pengembang.

Di samping LibreOffice, Haiku OS juga memperoleh dukungan OpenGL 4.5 dan Vulkan 1.1 pada Mesa 18.1.1.

Bagi yang penasaran dengan Haiku OS, silakan simak laman www.haiku-os.org. Untuk mengunduh citranya, sila kunjungi www.haiku-os.org/get-haiku/.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top