Desktop Environment

Hadirkan Banyak Pembaruan, Pengembang Tandai Kehadiran Desktop Cinnamon 3.8

Clement Lefebvre, pimpinan pengembangan distribusi Linux Mint dan desktop environment Cinnamon, baru saja menandai rilis anyar Cinnamon 3.8. Sebagai catatan, ia baru “menandai” (tag dalam istilah git) belum meluncurkannya secara resmi. Meskipun begitu, beberapa distribusi GNU/Linux rilis bergulir (rolling release) sudah menyediakannya di repositori resmi.

Cukup banyak pembaruan menarik yang dibenamkan di Cinnamon, beberapa di antaranya adalah penyederhanaan dialog pesan pada screensaver serta pemortanan (porting) komponen cinnamon-menu-editor, cinnamon-settings, cinnamon-settings-users, cinnamon-desktop-editor, background slideshow, melange, dialog pengunci screensaver, dsb ke Python 3.

Cinnamon

Selain itu, pembaruan fungsionalitas peredam Sound Applet menggunakan klik tengah juga masuk fitur yang tak kalah asyik. Masih di tempat yang sama, Sound Applet juga memperoleh fitur untuk mengganti track menggunakan scroll mouse, meningkatkan tombol kontrol, dan menambahkan fitur untuk tak menampilkan player launcher ketika kontrol player dalam keadaan nonaktif.

Masih kurang puas?

Cinnamon 3.8 akan benar-benar menyembunyikan label perangkat Power Applet bila tidak ada perangkat yang terkoneksi, menonaktifkan perkakas gksu sebagai frontend sudo, menambahkan dukungan munculnya notifikasi sistem di bagian bawah, dsb. Pada rilis ini, Cinnamon juga mulai menghapus dukungan perkakas JHBuild dari GNOME.

Kamu dapat mengintip daftar perubahan lengkap desktop environment Cinnamon 3.8 melalui repositori kode github. Dapat dipastikan, Cinnamon 3.8 merupakan desktop bawaan Linux Mint 19 “Tara” yang siap meluncur beberapa pekan lagi.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top