Free Software Open Source Software

“Hadiah” Liburan, Krita 4.0.4 Hadir Benahi Banyak Bug

Kebetulan! Libur lebaran, para pelukis digital mendapatkan hadiah berupa rilis pembaruan untuk Krita 4. Krita merupakan salah satu perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source populer dengan fitur-fitur ciamik untuk mengolah grafis maupun animasi.

Krita menyediakan kanvas dengan akselerasi OpenGL berkualitas tinggi, mendukung manajemen warna, mesin brush yang mahir, mendukung pengolahan gambar vektor, manajemen layer berbasis-grup, dan sebagainya.

Kembali ke bahasan sebelumnya, rilis pembaruan yang baru saja hadir adalah Krita 4.0.4. Secara teknis, Krita 4.0.4 tidak disebut sebagai rilis pembaruan tetapi rilis perbaikan bug (bug fix), berbeda jika rilis yang dimaksud menggunakan nomor “4.4.0” (terlihat perbedaannya bukan?). Rilis perbaikan bug ini telah menambal masalah race condition saat menggunakan generator layer, crash saat menyunting transform mask, dan memperbaiki pemilihan warna ketika menggunakan skrip docker palet python.

Krita

Di samping itu, Krita 4.0.4 juga memperbaiki kemampuannya untuk menanamkan layer berkas di dalam layer berkas lain, menampilkan opacity dengan benar pada editor segment gradient, meningkatkan performa saat memuat berkas OpenEXR, meningkatkan pemuatan bahasa bawaan, mengubah perilaku autosave yang akan tetap berjalan meski dalam keadaan sangat sibuk, memperbaiki inkonsistensi penomoran frame saat memanggil FFmpeg, dan lain-lain.

Tidak hanya perbaikan lintas platform, Krita juga membenamkan pembenahan khusus untuk macOS (termasuk dukungan OpenColorIO) dan untuk Windows.

Bagi pengguna distribusi GNU/Linux yang tidak sabar ingin mencicipi Krita 4.0.4, kamu dapat mengunduh berkas binary AppImage Krita di repositori ini.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top