Berita

GNOME Software Mungkin Peroleh Fitur ‘Penerbit Terverifikasi’ dan Tampilan yang Segar

Tak jarang berita tentang proses pembaruan Plasma Discover, “toko aplikasi” bawaan desktop environment KDE Plasma. “Toko aplikasi” tersebut membantu para pengguna yang ingin memasang paket aplikasi dengan perkakas GUI, tanpa perlu menghafal perintah-perintah CLI yang kadang kalanya “rumit”. Apalagi ditambah dengan review dan rating pada setiap aplikasi yang ingin dipasang.

Ternyata tidak hanya KDE Plasma yang sibuk memperbarui perkakas “toko aplikasi”-nya, GNOME dan komunitas lain juga sedang sibuk meningkatkan perkakas “toko aplikasi”-nya, GNOME Software. Karena Ubuntu adalah proyek distribusi yang memanfaatkan GNOME, Canonical sebagai perusahaan di balik proyek tersebut baru saja berkumpul di London untuk berdiskusi meningkatkan pengalaman pengguna GNOME Software. Pertemuan ini dihadiri oleh Richard Hughes sebagai perwakilan GNOME.

GNOME Software
Gambar 1. GNOME Software

Sebagai nonpenggemar “toko aplikasi” seperti itu, saya akui GNOME Software bakal semakin keren. Canonical dan GNOME menelurkan ide untuk menambahkan fitur penerbit terverifikasi (verified publisher). Fitur ini memperkenankan GNOME Software untuk melakukan pengecekan formal kepada penerbit paket aplikasi sehingga pengguna dapat merasa yakin bahwa paket aplikasi tersebut memang diterbitkan oleh akun tertera.

Ide lain yang tak kalah menarik adalah fitur untuk melaporkan masalah, baik kepada penerbit paket aplikasi atau pusat pengelola aplikasi, dan laman aplikasi yang selalu segar yang akan selalu menampilkan daftar aplikasi dan pengaya baru serta konten pembaruan dan berita mengenai aplikasi favorit pengguna.

Kepada penerbit, tidak hanya memiliki fitur untuk memverifikasi diri, mereka juga akan mampu menambahkan tema dan seni kustom pada halaman aplikasi mereka dengan lebih mudah.

Sayangnya itu masih berupa ide, masalah mau diterapkan atau tidak belum tahu. Pengembang sibuk membuat desain pembaruan GNOME Software di acara tersebut, mereka berjanji akan mengunggah mockup atau desainnya di repositori Gitlab. Kita akan melihatnya nanti …​

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top