Desktop Environment

GNOME Hapus Kemampuan untuk Jalankan Berkas Binary Langsung Lewat Nautilus

GNOME 3.28 telah dirilis beberapa waktu lalu sebagai rilis mayor yang menghebohkan. Bagaimana tidak? Fitur standar seperti ikon desktop telah dihapuskan dari Nautilus, yang berarti pengguna GNOME tak akan lagi dapat menggunakan ikon pada desktop mereka. Ubuntu 18.04 LTS menjadi downstream yang mengatasi perubahan besar pada GNOME ini dengan cara tetap menyediakan Nautilus lawas, 3.26.x.

Setelah rilis 3.28, tim pengembang GNOME mulai disibukkan dengan pengolahan GNOME 3.30, dan satu pembaruan yang lagi-lagi “menghebohkan” adalah dihapuskannya kemampuan untuk menjalankan berkas binary atau sebuah program langsung dari manajer berkas Nautilus (double-click).

Nautilus
Gambar 1. Nautilus (GNOME.org)

Carlos Soriano, salah seorang pengembang mengungkapkan, “kini desktop sudah lama pergi, meluncurkan berkas binary dan berkas desktop (.desktop) dari Nautilus merupakan sesuatu yang tidak berguna. Tidak hanya itu, kita bergerak menuju sistem yang lebih ter-sandbox, dan kami harus menggunakan dukungan standar dan yang lebih luas untuk meluncurkan aplikasi berdasarkan keinginan pengguna.”

Selain dianggap “tidak berguna”, penghapusan kemampuan untuk menjalankan berkas binary dari Nautilus ini diklaim untuk meningkatkan pengalaman pengguna serta meningkatkan keamanan sistem. Carlos menyinggung kerentanan yang pernah ditemukan, yang memperkenankan penyerang menjebak pengguna untuk menjalankan berkas .desktop executable yang tersamar dalam bentuk berkas dokumen. Dihapuskannya fitur ini dapat menjamin keamanan pengguna dengan tidak memperbolehkan mereka menjalankan kode-kode atau program yang tidak jelas sumbernya.

Dengan demikian, satu-satunya jalan untuk memainkan berkas binary dari sistem operasi adalah menggunakan CLI …​ atau mengganti Nautilus dengan manajer berkas lainnya. Namun, dilihat dari diskusi ini, kemungkinan besar pengembang tidak akan menghapus fitur Open With sehingga pengguna masih dapat menjalankan sebuah berkas, binary ataupun tidak, sesuai dengan aplikasi yang diinginkan melalui manajer berkas tersebut.

Sekarang GNOME 3.30 masih berada pada rilis pengembangan 3.29.1. Menurut rencana, GNOME 3.29.2 akan hadir tanggal 23 Mei 2018. September 2018 menjadi bulan yang akan menyambut rilis final 3.30.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top