Desktop Environment

GNOME 3.30 Almeria Meluncur, Perkenalkan Banyak Pembaruan dan GNOME Podcasts

Versi terkini dan termutakhir desktop environment GNOME akhirnya diluncurkan. Membenamkan pembaruan yang tidak sedikit, GNOME 3.30 adalah rilis yang patut diantisipasi oleh komunitas perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source, khususnya komunitas pengguna GNOME.

GNOME 3.30 dijuluki sebagai “Almeria” merujuk nama kota di Spanyol tempat perhelatan acara konferensi pengguna dan pengembang GNOME Eropa atau GUADEC 2018. GNOME 3.30 dibangun selama enam bulan dengan hampir 25.000 perubahan yang digarap oleh 801 kontributor.

Rilis mayor ini telah meningkatkan fitur berbagi layar (screen sharing). Pengguna kini bakal semakin mudah mengontrol fitur tersebut dan fitur sesi remot desktop. “Menu sistem yang baru ditambahkan menampilkan indikator ketika koneksi remot aktif, memudahkan proses untuk menyetop sesi (remot) bila sudah selesai,” terang pengembang via catatan rilis.

Epiphany
Gambar 1. Reader view pada Epiphany

Dukungan Flatpak semakin apik. GNOME 3.30 kini mampu memperbarui paket Flatpak secara otomatis melalui GNOME Software. Di samping itu, GNOME Web atau Epiphany menghadirkan reader view, fitur yang memanjakan mata para pengguna ketika membaca artikel tanpa perlu terganggu dengan hiasan-hiasan pada laman. Perkakas untuk menjalankan sistem operasi secara virtual, GNOME Box, juga menjadi fokus pada rilis Almeria.

Boxes, aplikasi mesin virtual GNOME, sekarang dapat terkoneksi ke server Windows secara remot menggunakan Remote Desktop Protocol (RDP). Fitur ini mempermudah pengelolaan Windows Server, memperkenankan Anda berkonsentrasi pada tugas-tugas alih-alih mencemaskan akses remot dan koneksi protokol,” tulisnya.

GNOME Podcasts
Gambar 2. GNOME Podcasts

GNOME 3.30 Almeria pun mengenalkan perkakas GNOME Podcasts. Seperti namanya, pengguna dapat mendengarkan dan melanggan kanal Podcast favorit melalui aplikasi itu. Selain itu, desktop environment ini juga membenamkan pembaruan pada GNOME Files, GNOME Settings, GNOME Notes, dll.

GNOME 3.30 akan segera hadir di distribusi GNU/Linux yang menerapkan model rilis bergulir seperti Arch Linux dan openSUSE Tumbleweed.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

1 comment on “GNOME 3.30 Almeria Meluncur, Perkenalkan Banyak Pembaruan dan GNOME Podcasts

  1. se7entime says:

    ada yg punya rekomendasi Podcast berbahasa Indonesia yg bisa dilanggani via GNOME Podcasts?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top