Desktop Environment

GNOME 3.28.2 Dirilis, Hadirkan Perbaikan Kebocoran Memori

Salah satu proyek desktop environment besar yang digunakan secara bawaan oleh mayoritas distribusi GNU/Linux populer, GNOME, telah menghadirkan rilis pembaruan kedua untuk seri 3.28. GNOME 3.28 pertama kali diluncurkan pada pertengahan Maret 2018 yang kemudian disusul dengan rilis poin pertama 3.28.1 sebulan kemudian.

Akhir pekan kemarin, tim pengembang kembali meluncurkan GNOME 3.28.2 sebagai rilis poin sekaligus rilis pembaruan dan perbaikan guna mematangkan dan menstabilkan kinerja. GNOME 3.28.2 adalah rilis sangat penting karena telah membenamkan bug kebocoran memori yang menyebabkan konsumsi memori GNOME membengkak setiap menitnya.

GNOME

Di samping perbaikan bug tersebut, beberapa komponen memperoleh pembaruan, termasuk Epiphany 3.28.1.1, GNOME Boxes 3.28.4, gvfs 1.36.2, GNOME Maps 3.28.2, NetworkManager 1.10.6, dll.

Bagi pengguna GNOME disarankan untuk segera memutakhirkan desktop environment-nya ke GNOME 3.28.2. Apalagi jika kamu menggunakan distribusi GNU/Linux dengan model rilis bergulir seperti Arch Linux dan openSUSE Tumbleweed yang dipastikan memperoleh rilis tersebut lebih cepat daripada distribusi lain. Bagi yang ingin bereksperimen dengannya, silakan unduh source code-nya melalui tautan ini dan kompilasi manual menggunakan BuildStream.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top