Free Software Open Source Software

Waktu ‘Start-up’ GIMP 2.10.4 Lebih Cepat, Dukungan PSD Makin Ciamik

Dalam beberapa pekan terakhir, proyek-proyek perangkat lunak grafis maupun multimedia mengumumkan rilis-rilis anyar dengan fitur-fitur mutakhir, dari pengolah gambar sampai pengolah video.

GIMP adalah salah satu proyek perangkat lunak yang dimaksud. Di rilis poin keempat untuk seri 2.10, pengembang menghadirkan beberapa fitur penting untuk meningkatkan kerja para seniman digital. Perangkat lunak ini kini mengurangi langkah ekstra untuk melakukan rotasi gambar secara manual.

GIMP
Gambar 1. gimp.org

Proses mulai (start-up) pada GIMP 2.10.4 bakal lebih cepat. Sebelum ada pembaruan, mulai GIMP sangat lama karena harus memuat fon secara runtut setelah pengguna menambah atau menghapus fon. Di 2.10.4, GIMP akan memuat fon secara paralel. Efeknya, Anda harus menunggu sesaat sampai fon termuat semuanya jika Anda langsung menggunakan Text tool . Namun tenang, GIMP akan memberi tahu Anda ketika proses muat fon selesai.

Pembaruan dashboard dan PSD Loader

Tidak berhenti di situ, GIMP juga memperbarui dialog dashboard dockable untuk membantu melakukan debug GIMP itu sendiri dan GEGL. Dashboard membawa grup widget Memory baru yang menampilkan memori yang dipakai dan total memori fisik yang dimiliki. Grup Swap kini juga mampu menampilkan kolom “read” dan “written” yang menampilkan total data yang dibaca dan ditulis dari dan ke swap.

Dukungan PSD pun makin bagus. “GIMP kini dapat memuat sebuah gambar ‘merged’, versi pre-composited, yang akan tersedia ketika berkas PSD disimpan dengan opsi ‘Maximize Compatibility’ aktif pada Photoshop,” tulis pengembang. Pembaruan lain juga dapat ditemukan pada implementasi GEGL dan babl.

Untuk memasang GIMP tanpa perlu menunggu kehadirannya di repositori GNU/Linux, Anda dapat mengunduh berkas tarball untuk dikompilasi secara manual melalui tautan ini, atau melalui flatpak yang caranya dapat dilihat pada laman yang sama.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top