Distro Slackware

Finansial Slackware Tengah Terhambat, Patrick Volkerding Buka Ruang Donasi

Dunia pengembangan perangkat lunak bebas/merdeka dan open-source adalah dunia yang bebas dan inovatif. Semua orang boleh membagikan ide, semua orang boleh mengimplementasikan ide tersebut dan ikut berkontribusi menyempurnakannya hingga menjadi produk yang fungsional dan keren. Namun, tidak ada yang benar-benar bebas di dunia ini. Ide bisa saja gratis, tetapi kita tidak mungkin dapat mengimplementasikan ide tersebut secara cuma-cuma. Dana pasti diperlukan.

Seperti Slackware, sistem operasi bebas/merdeka dan open-source yang saat ini tengah kesulitan finansial.

Slackware merupakan distribusi GNU/Linux tersepuh yang masih dipelihara sampai saat ini. Sejak berdiri, pengembangan distribusi ini dipegang oleh Patrick Volkerding. Pat, sebutan akrab untuk sang BDFL (Benevolent Dictator for Life), memenuhi dukungan finansial pengembangan Slackware melalui toko daring store.slackware.com. Menurut pos yang ia tuliskan di forum LQ, selama dua tahun terakhir jatah yang seharusnya ia peroleh dari toko tersebut tak ia dapatkan.

“Saya tidak dibayar sepeserpun selama dua tahun,” tuturnya.

Patrick Volkerding
Gambar 1. Patrick Volkerding di Linuxworld 2000 di Kota New York

Karena masalah tersebut, Patrick perlu mencari akal untuk membiayai pengembangan Slackware dan hidupnya bersama keluarga sehari-hari, meskipun ia sempat menyatakan bahwa dirinya membangun Slackware bukanlah untuk uang. Sempat mempertimbangkan Patreon, dia akhirnya berhenti pada akun Paypal.

Jika Anda menggemari Slackware dan sedang menunggu rilis anyar 15.0 yang digadang-gadang akan menjadi rilis terhebat sepanjang masa, Anda dapat ikut berdonasi melalui akun Paypal Patrick Volkerding di tautan paypal.me/volkerdi.

“Saya melanjutkan pekerjaan menuju Slackware 15.0 karena saya percaya itu akan menjadi rilis terbaik yang pernah kita miliki, dan karena saya mendedikasikan pekerjaan saya dan komunitas yang menggunakannya (Slackware),” tandasnya.

Saat ini, Patrick sedang menguji dukungan PAM dan Kerberos guna membenamkan dukungan Active Directory dan NFS. Dirinya juga mulai mempertimbangkan untuk memasukkan KDE Plasma 5 menggantikan KDE 4.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Finansial Slackware Tengah Terhambat, Patrick Volkerding Buka Ruang Donasi

  1. Nif Kurniawan says:

    “… I’m sitting here in a house with a giant hole in the roof, a broken door sealed with duct tape, and a failed air conditioning condenser that I can’t afford to fix, …”

    Miris sekali ternyata

    1. Iya ini mas 🙁 Semoga segera teratasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top