Distro Fedora

Fedora 28 Dirilis, Permudah Instalasi Aplikasi Pihak Ketiga Termasuk Driver Nvidia

Tepat mengawali bulan Mei 2018, Pimpinan Proyek Fedora Matthew Miller meluncurkan rilis final Fedora 28. Ini merupakan rilis yang dikerjakan selama enam bulan dan sempat molor saat pra-rilis Beta. Beruntung, rilis final ini hadir tepat waktu sesuai target.

“Hai semuanya! Ini adalah Mei, sekitar Hari Ibu di beberapa negara, dan ini berarti adalah waktunya untuk rilis sistem operasi Fedora selanjutnya: Fedora 28 di sini!,” kata Matthew.

Fedora 28 dan segala pembaruannya

Fedora 28 membenamkan desktop environment terkini, GNOME 3.28. Berbeda dari Ubuntu yang masih mempertahankan Nautilus 3.26 untuk tetap mendukung ikon desktop, Fedora 28 totalitas beralih ke GNOME 3.28 yang artinya pengguna tidak dapat lagi menggunakan fitur ikon desktop. Di masa mendatang ini bisa saja dilakukan dengan memanfaatkan ekstensi GNOME, tetapi kapan waktunya belum bisa dipastikan.

Fedora 28
Gambar 1. Fedora (Fedora Magazine)

Rilis ini kini memiliki ketahanan baterai yang lebih bagus, perkakas penginstal Anaconda yang lebih modular, dan menyediakan modularitas Add-On. Di samping itu, ia membenamkan Boost 1.66, GCC 8, Glibc 2.27, Ruby 2.5, Golang 1.10, mengalihkan libcurl untuk menggunakan libssh alih-alih libssh2, dan time 1.8.

Mulai rilis ini, pengguna juga bakal dimudahkan apabila ingin memasang paket aplikasi pihak ketiga, termasuk driver Nvidia proprietari. Ini sungguh menarik, selama ini Fedora memiliki idealisme tinggi seputar penerapan FLOSS sehingga perlu perjuangan untuk menerapkan fitur seperti itu.

“Kami telah lama bekerja sangat lama untuk menentukan cara terbaik untuk melakukan ini tanpa perlu berkompromi dengan idealisme, dan saya pikir pendekatan yang kami lakukan ini bekerja dengan baik,” terangnya. Untuk mengaktifkan repositori pihak ketiga, pengguna dapat menjalankan sudo dnf install fedora-workstation-repositories.

Fedora 28 menyediakan tiga varian; Fedora 28 Workstation (desktop dengan GNOME), Fedora 28 Server, dan Fedora 28 Atomic Host.

Jika kamu ingin memasang Fedora 28 non-GNOME, kamu dapat mengintip Fedora Spins yang terdiri dari varian KDE Plasma, Xfce, LXQt, MATE-Compiz, Cinnamon, LXDE, dan SOAS.

Tentu saja, pengguna Fedora 27 tak perlu repot-repot mengunduh ISO anyar dan memasang ulang sistem, kamu hanya perlu menjalankan perintah pemutakhiran yang tertulis pada pos ini. Semoga sukses!

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top