Distro

Endless OS 3.4 Dirilis, Sediakan Wallpaper Rasa Indonesia dan Fitur Pengatur Waktu Pembaruan Otomatis

Setelah dibangun selama beberapa bulan, akhirnya tim pengembang yang diwakili oleh Michael Hall meluncurkan Endless OS 3.4. Endless OS 3.4 adalah rilis mayor yang menyediakan banyak sekali fitur baru, beberapa di antaranya saya yakin bakal menjadi favorit para pengguna.

Endless OS adalah sistem operasi kekinian berbasis GNU/Linux yang saat ini tengah booming di tengah masyarakat Indonesia. Tidak berlebihan. Booming-nya Endless OS juga didukung oleh merek-merek laptop populer yang menerapkan sistem operasi ini sebagai sistem operasi bawaan, ASUS ROG (Republic of Gamers) salah satunya.

Rilis 3.4 menjadi rilis anyar yang dijamin akan meningkatkan fungsionalitas sistem serta meningkatkan produktivitas pengguna.

Endless OS 3.4 hematkan penggunaan data internet, sediakan pembaruan aplikasi

Satu fitur favorit yang dimasukkan di sini adalah fitur pembaruan otomatis yang lebih cerdas. Endless OS 3.3.10 telah membenamkan fitur untuk menonaktifkan pembaruan otomatis, sangat cocok bagi pengguna Indonesia yang tidak memiliki koneksi internet tak terbatas. Di 3.4 ini, fitur tersebut dimatangkan dengan kemampuan untuk mendeteksi secara otomatis apakah koneksi yang digunakan terbatas (data internet mobile) atau tak terbatas (Wifi). Apabila Endless OS mendeteksi koneksi internet terbatas, ia akan mematikan fitur pembaruan otomatis sedangkan bila mendeteksi koneksi tak terbatas, Endless OS akan langsung mengaktifkan fitur pembaruan otomatis.

Meski begitu, tidak semua perangkat bisa dideteksi oleh sistem operasi ini sehingga pengembang tetap menyediakan tombol mengaktifkan dan menonaktifkan pembaruan otomatis secara manual.

Selain kemampuan untuk mendeteksi koneksi internet, Endless OS 3.4 juga membenamkan fitur untuk menentukan pukul berapa pembaruan otomatis berjalan.

Endless OS
Gambar 1. Fitur pengatur waktu pembaruan otomatis

Endless OS 3.4 meningkatkan fitur “toko” aplikasi App Center. Pengembang menyebutkan, App Center kini memperkenankan pengguna untuk mengelola semua pembaruan hanya dalam satu tempat saja. “Sekarang Anda akan tahu pembaruan Endless OS lewat App Center bersama dengan pembaruan-pembaruan aplikasi. Ini memperkenankan Anda mengatur semua pembaruan pada satu tempat, dan juga megizinkan kami memberikan informasi sedikit mengenai apa saja pembaruan SO sebelum Anda memasangnya,” ungkap Michael Hall.

Endless OS 3.4 telah meningkatkan versi GNOME ke 3.26, memindahkan ikon system tray ke panel bawah, dan meningkatkan dukungan perangkat keras lewat kernel 4.15. Di samping itu, ia juga membenamkan ekstensi AdBlock Plus secara bawaan di peramban Chromium maupun Chrome.

Wallpaper rasa Indonesia

Di siklus pengembangan Endless OS 3.4, pengembang sempat membuka kontes wallpaper untuk mencari wallpaper berciri khas Indonesia. Beberapa wallpaper terpilih sudah dapat digunakan pada rilis ini melalui menu Settings → Background.

Endless OS
Gambar 2. Wallpaper rasa Indonesia (endlessos.com)

Pembaruan SDK

Selain menghadirkan pembaruan fitur-fitur untuk pengguna akhir, Endless OS 3.4 juga menyediakan SDK 4 bagi kamu yang berminat membangun aplikasi murni untuk lingkungan sistem operasi ini.

“Detail desain interaksi dan animasi telah ditingkatkan, pojok yang lebih bundar pada card beberapa aplikasi, unduhan yang lebih kecil, dan beberapa peningkatan performa, akan memuaskan pengguna dan membuat pengalaman aplikasi luring jauh lebih bagus,” ujarnya.

Kenalkan Companion App untuk Android

Fitur favorit lain yang tak kalah ciamik pada rilis ini adalah fitur Companion App. Meskipun masih fase Beta, pengembang membenamkan fitur tersebut di sini sebagai ajang untuk memperkenalkan fitur tersebut kepada pengguna.

Companion App adalah program yang memperkenankan pengguna mengakses isi komputer langsung melalui ponsel Android. Menurut pengembang, fitur ini sama sekali tidak memanfaatkan koneksi internet.

Pengguna aktif dipastikan mendapatkan Endless OS 3.4 secara otomatis jika mereka mencentang opsi pembaruan otomatis pada AppCenter. Bagi yang ingin memasangnya di komputer lain, citra ISO Endless OS 3.4 dapat diperoleh melalui endlessos.com.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top