Distro elementaryos

Elementary OS 5.0 Juno Beta 1 Belum Tentu Hadir dalam Waktu Dekat

Dari sekian banyak distribusi GNU/Linux berbasis Ubuntu, elementary OS merupakan salah satu yang sangat menonjol. Menggunakan desktop environment berpenampilan modern, Pantheon, elementary OS menjadi distribusi yang memanjakan mata dan dianggap sebagai sistem operasi yang mirip dengan macOS.

Sekarang, mereka sedang mempersiapkan calon rilis elementary OS 5.0 Juno, bukan 0.5 seperti yang direncanakan pada awalnya. Kami sudah mengabarkan alasan mengenai lompatan yang cukup jauh ke versi tersebut.

Pendeknya, lompatan ke versi 5.0 untuk menghindari kesalahpahaman berupa anggapan bahwa elementary OS adalah produk belum jadi. Padahal, pengembang memastikan, distribusi ini sudah sangat stabil sejak 0.1 dan dapat dipakai di mesin produksi. Apalagi mereka juga memiliki ekosistem pengembang sendiri.

elementary OS

Belum banyak informasi yang disampaikan oleh pengembang mengenai fitur apa saja yang akan dibenamkan di 5.0 Juno. Melalui pos blog terbaru, Cassidy James Blaede, arsitek UX di elementary, menyampaikan, mereka sedang menguji dukungan terhadap GTK+ terbaru, memperbarui window manager Mutter, dan mengeksplorasi fitur baru Gtk.CSS.

Peningkatan pengalaman HiDPI, pembenahan pengaturan daemon Night Light, dan fitur donasi baru pada AppCenter juga menjadi target untuk digarap.

Kapan rilis?

Jika sudah siap. Target pencapaian (milestone) terdekat adalah Beta1. Namun, sedekat-dekatnya milestone, Beta1 ini belum tentu hadir bulan depan, bulan April, atau bahkan bulan setelahnya. Kita lihat saja nanti.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top