Distro Linux Mint

Dukungan Linux Mint 19 “Tara” Sudah Tersedia di Alldeb Webmaker

Heiyah! Linux Mint 19 “Tara” sudah meluncur tepat waktu sesuai janji pengembang. Ia menghadirkan banyak fitur baru, salah satunya adalah fitur Timeshift yang terintegrasi dengan beragam perkakas sistem, yang memperkenankan pengguna menyimpan snapshot sistem dan dapat me-restore-nya sewaktu-waktu bila sistem operasi rusak gara-gara kesalahan pengguna atau kesalahan saat proses pembaruan.

Di dunia GNU/Linux, sebagian pengguna merindukan konsep pemaketan aplikasi yang dapat dibagi-bagi kepada pengguna GNU/Linux lain, seperti pada .exe dan .msi. Dengan konsep pemaketan seperti itu, pengguna luring sangat diuntungkan. Mereka tak perlu mencari koneksi internet jika ingin memasang perangkat lunak tertentu, mereka hanya perlu mencari kawan yang memiliki “master aplikasi” perangkat lunak tersebut.

Dengan adanya keinginan tersebut, munculah proyek bernama Alldeb. Alldeb dibangun oleh Nif Kurniawan sebagai berkas arsip yang berisi paket aplikasi utama berformat .deb dan dependensi-dependensinya. Untuk memudahkan para penikmat Alldeb, pengembang menerbitkan Alldeb Webmaker—​perkakas pembuat berkas alldeb berbasis web.

Alldeb Webmaker mendukung beberapa distribusi berbasis .deb populer, dan kabar terkini, ia baru saja menambahkan dukungan Linux Mint 19 “Tara”. Pengguna sekarang dapat mengunduh berkas Alldeb berbasis tiga edisi Linux Mint 19; Cinnamon, MATE, dan Xfce. Baik untuk arsitektur 32-bit (i386) maupun 64-bit (amd64).

Cara mengunduh lewat Alldeb Webmaker

Untuk mengunduh berkas Alldeb untuk Linux Mint 19 “Tara” silakan kunjungi laman www.alldeb.net/webmaker/tara. Pilih profil yang diinginkan pada kolom Profil; Linux Mint Cinnamon, Linux Mint MATE, Linux Mint Xfce, serta Semua varian berbasis Linux Mint 19 Tara. Kemudian pilih Arsitektur dan ketikkan nama aplikasi yang ingin diunduh pada kolom Nama Aplikasi. Terakhir klik BUAT FILE. Tunggu beberapa saat kemudian klik Download!.

Berikut tangkapan layar saat paket Alldeb Emacs Linux Mint 19 Cinnamon siap diunduh.

Alldeb Webmaker Linux Mint 19
Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top