Distro Solus

Dukungan KDE Plasma dan Pembaruan Software Center Terus Digodok di Solus 4

Bulan ini, para pengembang Solus sibuk memperbarui komponen-komponen pembentuk Solus 4—​calon rilis mayor yang dipersiapkan memiliki pembaruan mayor (kecuali desktop Budgie 11).

Solus

Manajer Komunikasi Joshua Strobl menerangkan, pengembang telah membenamkan kandidat rilis keempat Mesalib 18.0.0 yang membawa perbaikan RADV, Intel i965, dan pembaruan Vulkan. Penerapan Mesalib 18.0.0 RC4 merupakan misi untuk memodernkan stack grafis Solus, terutama untuk meningkatkan AMDGPU. Selain Mesalib, Solus juga meningkatkan kernel LTS dan stable ke 4.9.81 dan 4.15.3 dengan dukungan AMDGPU DC.

Perbarui Software Center dan dukungan Plasma

Rencana awal, Snap akan dibenamkan di Solus 4, tetapi hal itu tidak akan terjadi. Sementara itu, bila Anda sempat mendengar bahwa Solus akan menyediakan edisi KDE Plasma, saat ini pengembang telah memperbarui dukungan desktop environment tersebut. Di antara pembaruan yang dibenamkan pada desktop ini adalah integrasi SDDM dengan Optimus yang sukses dibenahi menggunakan Linux Driver Management 1.0.3, paket-paket XDG yang sempat hilang telah kembali dimunculkan, begitu juga dengan masalah locale yang berhasil dibenahi. Di samping itu, Solus juga meningkatkan versi KDE Frameworks ke 5.43.

Sayangnya sampai saat ini, Solus masih menahan ISO edisi KDE Plasma ke publik, hanya para donatur via Patreon yang diperkenankan untuk mengunduh dan mencicipinya.

Software Center juga menjadi target pembaruan. Di Solus 4, pengembang akan mengintegrasikan semua fitur yang ada di Linux Driver Management ke manajer paket GUI atau “toko aplikasi” tersebut.

Masih perlu beberapa waktu sebelum Solus 4 final hadir. Pengembang berjanji proses pemutakhiran dari Solus 3 akan berjalan semulus mungkin sehingga nanti Anda tak perlu khawatir.

[wp_ad_camp_1]

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top