BSD

Dukungan Desktop Terkini Semakin Mantap, KDE Plasma 5 Masuk Port Ofisial FreeBSD

Para pengguna FreeBSD desktop, terutama desktop KDE4, perlu bersiap-siap untuk memutakhirkannya ke KDE Plasma 5. Dari keterangan pengembang, dukungan KDE Plasma 5 sudah semakin matang di FreeBSD.

Tobias Berner adalah pengembang yang bertanggung jawab menyediakan ports tree resmi KDE Plasma di FreeBSD sedangkan Adriaan de Groot adalah pengembang yang bertanggung jawab mengolah dukungan desktop environment tersebut di sistem operasi tersebut.

Port KDE Plasma 5 yang disediakan oleh FreeBSD berbentuk meta dengan nama x11/kde5. Port meta ini berisi x11/kf5-frameworks, x11/plasma5-plasma-desktop, dan port meta KDE Applications. Supaya tidak bingung, port adalah skrip yang mengotomasi instalasi paket dari source code. Slackbuilds.org pada Slackware dan ebuilds pada Gentoo merupakan salah satu contoh penerapan port seperti FreeBSD di GNU/Linux. Sedangkan meta adalah sesuatu yang berisi sesuatu lainnya. Dalam kasus ini, port meta x11/kde5 adalah port yang berisi banyak port lainnya.

KDE Plasma di FreeBSD
Gambar 1. KDE Plasma dijalankan di mesin virtual FreeBSD

Dari penjelaskan mengenai isi x11/kde5, pengguna FreeBSD dapat menjalankan desktop KDE Plasma 5 dengan memasang port x11/xorg, x11/sddm, dan x11/kde5. Bagi yang ingin memasang Falkon (dulu Qupzilla), KDevelop, dan Krita, FreeBSD menyediakan port sendiri yang diberi nama www/falkon, devel/kdevelop, dan graphics/krita.

Dengan hadirnya x11/kde5, paket KDE4 dan KDE Plasma 5 pada FreeBSD sudah terpisahkan dengan jelas. Pengguna dapat memasangnya beriringan tanpa perlu takut bentrok. Namun, mengingat KDE4 dan Qt4 sudah masuk EOL bertahun-tahun lalu, dukungan KDE Plasma 5 di FreeBSD menjadi salah satu milestone penghentian total dukungan KDE4 dari sistem operasi ini.

Target dukungan selanjutnya

Saat ini pengembang sibuk memasukkan Qt 5.10 ke ports tree ofisial, memperbaiki bug yang ditemukan pada KDE dan CMAKE, menerapkan Wayland, dsb.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Dukungan Desktop Terkini Semakin Mantap, KDE Plasma 5 Masuk Port Ofisial FreeBSD

  1. Arief F says:

    beda flavors BSD dengan Ubuntu apa? Kadang masih suka bingung, apakah ada beda BSD dengan distro Linux yg lain.

    1. Ubuntu yang dalam kasus ini mewakili GNU/Linux adalah “distribusi”. Maksudnya, Ubuntu merupakan downstream, entitas yang hanya mendistribusikan beragam perkakas FLOSS (kernel, GNU toolchain, dsb) dari upstream. Oke, mungkin Ubuntu memiliki patch khusus pada kernel atau mungkin toolchain mereka, tetapi tentu patch tersebut tak mungkin lebih besar dari kode bawaan upstream bukan?

      Beda dengan *BSD. *BSD adalah sistem operasi yang memelihara sendiri kernelnya, toolchainnya, dsb. Kernel FreeBSD beda dengan NetBSD, kernel NetBSD beda dengan OpenBSD, kernel OpenBSD beda dengan kernel DragonflyBSD, dst. Kecuali dengan TrueOS dan GhostBSD yang dibangun dari FreeBSD, mungkin mereka cocok disebut “distribusi FreeBSD” bukan flavors lho yaa, walaupun pengguna *BSD kayaknya kurang setuju dengan pernyataan saya, haha (mohon dikoreksi :D)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top