Debian Distro

Dukungan Debian 8 Jessie Akan Berakhir Juni 2018, Tim Debian LTS Siap Ambil Alih

Debian 8 Jessie adalah rilis besar yang pernah dihadirkan oleh tim pengembang. Diluncurkan pada tahun 2015, Jessie totalitas beralih ke sistem init dan pengelola servis systemd menggantikan sysvinit, meskipun sysvinit masih tersedia di repositori dan siap dipakai oleh pengguna yang belum ingin beranjak.

Mendekati akhir usia. Moritz Muehlenhoff, salah satu pengembang, menyampaikan pengumuman lewat mailing list security-announce bahwa Debian 8 Jessie tidak akan lagi mendapatkan pembaruan keamanan per 17 Juni besok. Penghentian dukungan ini tidak totalitas, beberapa paket penting tetap akan dapat pembaruan setelah tanggal tersebut.

Debian

“Ini adalah pemberitahuan bahwa dukungan keamanan reguler untuk Debian GNU/Linux 8 (nama kode ‘jessie’) akan diakhiri pada 17 Juni,” jelasnya. Seperti rilis-rilis sebelumnya, tambahan dukungan LTS akan tersedia untuk beberapa arsitektur dan paket aplikasi.

Dengan demikian, terhitung sejak 17 Juni, tim Debian LTS akan mengambil alih pemeliharaan Debian 8 Jessie. Sebagai catatan, tim Debian LTS adalah sekumpulan relawan, bukan tim internal Debian Security. Mereka akan memperbarui dan memperbaiki beberapa arsitektur dan paket-paket esensial selama dua tahun ke depan, tepatnya 6 Juni 2020. Beberapa arsitektur yang tetap dipelihara termasuk i386, amd64, ARMhf, dan ARMel.

Pengguna Debian 8 Jessie diharapkan untuk bersiap-siap memigrasikan sistem operasinya ke 9 Stretch. Tak perlu terburu-buru, karena pembaruan paket penting untuk 8 Jessie masih akan tersedia hingga tahun 2020 (terima kasih kepada tim Debian LTS). Dukungan Debian 9 Stretch sendiri juga akan berakhir pada Juni 2020 sebelum diambil alih oleh tim Debian LTS hingga tahun 2022.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to top