Free Software Open Source Software

Dua Rilis Pemeliharaan Anyar untuk Seri LibreOffice 6.0 dan 6.1, Versi 6.2 Masuk Fase Alpha 1

Sudah hampir dua minggu ini, The Document Foundation—​organisasi nirlaba di balik pengembangan LibreOffice—​meluncurkan rilis pemeliharaan baru untuk seri 6.0 dan 6.1.

LibreOffice 6.0.7 dan 6.1.3 hadir memantapkan rilis sebelumnya dengan beragam perbaikan. “The Document Foundation mengumumkan rilis LibreOffice 6.0.7 dan LibreOffice 6.1.3, yang meningkatkan kualitas dan stabilitas dari rilis sebelumnya, begitu juga mengintegrasikan patch keamanan,” tutur mereka via blog resmi.

LibreOffice

Versi 6.0.7 hadir setelah pengembang menyiapkan tiga RC (kandidat rilis) dengan perbaikan 66 bug, tak begitu banyak jika dibandingkan dengan kandidat-kandidat rilis sebelumnya. Rilis pemeliharaan ini membenahi fitur new chart, FILEOPEN (fungsi untuk membuka berkas), pemformatan tanggal pada Impress, memperbaiki tombol toggle INSERT/OVERWRITE pada Calc, fitur subskrip dan superskrip, dll. Berbeda dengan 6.0.7, 6.1.3 hadir pasca kandidat rilis kedua (RC2) dengan perbaikan 66 bug.

Pengembang menyampaikan, perusahaan disarankan untuk menggunakan LibreOffice 6.0.7 karena terjamin kestabilannya. Dalam arti, seri 6.0 adalah seri yang tak memperkenalkan banyak fitur baru yang berpotensi membawa bug baru pula. Sedangkan pengguna mahir maupun pengadopsi awal lebih disarankan untuk memakai versi 6.1.3 dengan segala fitur barunya.

Sementara seri 6.1 masih dinikmati pengguna, pengembang mulai menyiapkan LibreOffice 6.2. Akhir bulan tepatnya di pekan terakhir Oktober 2018 lalu adalah waktu penyelenggaraan Sesi Perbaikan Bug pertama untu LibreOffice 6.2. Sesi Perbaikan Bug (Bug Hunting Session) adalah sesi para pengguna yang ingin ikut berkontribusi memburu bug untuk dilaporkan kepada pengembng. Sesi ini memanfaatkan LibreOffice 6.2 Alpha 1 sebagai objeknya.

Jika Anda belum memasang LibreOffice 6.0.7 atau 6.1.3, Anda dapat mengunduhnya melalui laman unduh libreoffice.org. Jika Anda ingin menyicipi LibreOffice 6.2, Anda dapat mengunduhnya melalui tautan ini, lihat pada bagian How to Test it.

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana
slot iklan

2 comments on “Dua Rilis Pemeliharaan Anyar untuk Seri LibreOffice 6.0 dan 6.1, Versi 6.2 Masuk Fase Alpha 1

  1. Hernawan says:

    Apakah ini pertanda kabarlinux mendekati tutup lagi?

  2. Garzone says:

    Keunggulan libre office dengan software office lainnya apa gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top